Rapimnas Partai gerindra
ILUSTRASI: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. FOTO: DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Ketua Umum Prabowo Subianto secara tegas menyatakan dirinya bersedia untuk maju lagi sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024. Keputusan ini disampaikan Prabowo usai mendengar pernyataan dukungan dari 34 DPD Gerindra dan sejumlah sayap partai dalam agenda Rapimnas di SICC, Jumat (12/8).

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai Presiden RI 2024,” kata Prabowo.

Prabowo berjanji akan sepenuh hati mencurahkan segenap daya upaya sebagi Capres, termasuk strategi pemenangan Pemilu 2024. “Saya menyatakan pada malam hari ini, saya siap terus berjuang untuk bangsa negara. Seluruh jiwa dan raga, saya persembahkan kepada Ibu Pertiwi,” ungkap Prabowo.

Baca Juga : Warning, Depok Krisis Pertalite

Menurut Prabowo, seorang pejuang tidak ada istilah kalah. Menteri Pertahanan (Menhan) ini pun menyebut hal biasa jatuh bagi pejuang. Karena itu mantan Danjen Kopassus ini menegaskan akan kembali bertarung dalam pesta demokrasi, khususnya Pilpres 2024.

“Petarung biasa kalau jatuh, lebih mulia masuk arena, lebih mulia bertarung demi kebenaran keadilan, jatuh, bangkit dan senyum. Kita bangkit dengan senyum, kita bangkit dengan gembira, kita bangkit dengan optimis, kita bangkit dengan niat untuk berjuang terus,” tegas Prabowo.

Sebelumnya, Ketua DPP Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, sebanyak 34 DPD Partai Gerindra bulat mendukung Prabowo Subianto untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini disampaikan seluruh DPD Gerindra dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai 2022.

“34 Dewan Perwakilan Daerah Partai Gerindra seluruh Indonesia dan organisasi-organisasi sayap di bawah Partai Gerindra menyampaikan aspirasi meminta kepada Prabowo Subianto untuk maju kembali menjadi calon presiden dari Partai Gerindra tahun 2024,” ujar Dasco Ahmad di SICC.

Dasco menegaskan, 34 DPD Partai Gerindra di seluruh Indonesia sudah bulat untuk mencalonkan Prabowo sebagai calon presiden (Capres) dari Partai Gerindra. Dia memastikan, Rapimnas ini berjalan lancar.  “Saya pikir Rapimnas berjalan dengan sangat lancar suasana begitu hangat dan gembira,” beber Dasco.

Wakil Ketua DPR RI ini pun memastikan, gerbang koalisi dengan partainya terbuka lebar bagi siapapun. Namun, syarat bagi partai yang ingin berkoalisi adalah bersedia mendukung Prabowo sebagai capres. “Karena calon presiden dari Partai Gerindra adalah Pak Prabowo, maka syarat koalisi adalah mendukung untuk mengusung Pak Prabowo sebagai calon presiden 2024,” tegas Dasco.

Presiden Joko Widodo menanggapi isu yang menyebut dirinya telah memberikan restu kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. “Istilahnya, saya kira, karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndakkan nggak begitu. Ya, silakan,” kata Jokowi di Jakarta, Jumat (12/8).

Jokowi menerangkan, sistem demokrasi memang seperti itu. Tidak mungkin dirinya, sebagai presiden, mengatakan tidak ketika ada menteri yang menyampaikan keinginannya maju dalam pilpres. “Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu. Ya silakan saja,” tandas Jokowi.(JPC/rd)

Editor : Fahmi Akbar