REHAB TOTAL : Kondisi terkini UPTD Puskesmas Bojongsari yang berada di Pamulang Village, Jalan Village VII, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Selasa (9/8). ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – UPTD Puskesmas Bojongsari di Pamulang Village, Jalan Village VII, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari direhab total. Karenanya, pelayanan pindah ke Puskesmas sementara yang terletak di Jalan Raya Curug, No.14, RT2/9, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.

Kepala Bidang Tata Pembangunan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok, Suwandi mengatakan, proses pembongkaran UPTD Puskesmas Bojongsari sudah dimulai sejak 28 Juni.

“Pembangunan gedung Puskesmas Bojongsari menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp5,3 miliar,” ucapnya kepada Radar Depok, Selasa (9/8).

Kemudian, kata Suwandi, gedung yang puskesmas yang direhab total tersebut berdiri di atas luas lahan sekitar 1.369 meter persegi, yang rencananya akan rampung pada akhir tahun 2022.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Bojongsari, Dr. Frovira Brilyandini mengatakan, rehab toral dari pembangunan UPTD Puskesmas Bojongsari yang sedang berlangsung nantinya akan berstruktur dua lantai.

Baca Juga  Kelurahan Bedahan Salurkan Bantuan Buat Pasien Isoman

“Gedung puskesmas yang direhab total ini nantinya akan meliputi berbagai ruang pelayanan umum dan fasilitas seperti PONED, yang terdiri dari ruang bersalin, vaksin, dan berbagai ruangan lainnya,” paparnya.

Kemudian, kata Frovira, rencana untuk dilakukannya rehab total UPTD Puskesmas Bojongsari ini sudah dari tahun 2020 tetapi karena Pandemi Covid-19, anggaran pembangunan dialihkan untuk penanganan pasien yang terdampak Covid-19.

“Mengingat puskesmas kami mampu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) atau pelayanan persalinan 24 jam, rehab total ini dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan bagi pasien, karena kondisi plafon dan berbagai struktur bangunannya sudah kurang baik,” terangnya.

Untuk saat ini, lanjut Frovira, pelayanan puskesmas berpindah sejak tanggal 2 Juni ke Jalan Raya Curug, No.14, RT2/9, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, yang merupakan tempat singgah puskesmas sementara.

Baca Juga  Lebih Dekat dengan Pengusaha Donat Salzy Bakery Depok (2) Belajar dari Youtube, Dapat Ridha Suami

“Pemindahan barang sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum pembongkaran, dengan cara dicicil seperti memindahkan ipal portable untuk limbah medis serta barang-barang medis dan non medis lainnya dari puskesmas yang sedang direhab ke puskesmas sementara saat ini,” jelasnya.

Frovira mengatakan, semoga rehab total yang berlangsung dapat rampung di waktu yang tepat sesuai dengan rencana.

“Harapan saya, dengan gedung yang baru nantinya bisa memberikan fasilitas pelayanan yang nyaman untuk para pasien maupun pengunjung yang hadir, karena mengedepankan kepentingan dan kenyamanan masyarakat yang paling utama,” tutupnya. (ama)

GRAFIS :

Tentang :

– UPTD Puskesmas Bojongsari rehab total.

– Puskesmas Bojongsari pindah sementara.

Lokasi Puskesmas Direhab :

– Pamulang Village, Jalan Village VII, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari.

Baca Juga  PPM Depok Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Lokasi Puskesmas Sementara :

– Jalan Raya Curug, No.14, RT2/9, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.

Anggaran APBD :

– Rp5,3 Miliar.

Luas Lahan :

– 1.369 meter persegi.

Pembongkaran Dimulai :

– 28 Juni.

Target Rampung :

– Akhir Tahun 2022.

Struktur :

– Dua Lantai

Alasan Direhab Total :

– Demi keselamatan dan kenyamanan bagi pasien

– Kondisi plafon dan berbagai struktur bangunannya sudah kurang baik

Penanganan :

– Pelayanan puskesmas berpindah tanggal 2 Juni ke Jalan Raya Curug sebagai tempat singgah puskesmas sementara

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Ricky Juliansyah