SAKIT : Istri Ruben Onsu, Sarwendah sebut operasi batang otak berisiko kematian. Istimewa
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM  – Istri Ruben Onsu, Sawrendah mengalami sakit kepala terus menerus sejak 2017 ternyata disebabkan  penyakit kista yang ada pada batang otaknya.

Namun, mantan member Cherrybelle itu belum memilih operasi sebagai jalan keluar karena dinilai cukup berisiko.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Sarwendah, melakukan operasi pada batang otak bisa berakibat fatal untuk terjadinya kematian.

“Masalahnya tindakan di batang otak kemungkinannya 50:50. Mungkin bisa meninggal, bisa cacat, dan mungkin bisa sembuh,” kata Sarwendah dalam video unggahan Trans 7 Official.

Dari pada ambil risiko, Sarwendah disarankan dokter untuk melakukan observasi terlebih dahulu dalam beberapa bulan ke depan. “6 bulan kemudian dicek lagi apakah membesar atau tidak. Kalau ia cuma disitu saja, tidak membesar, ya sudah diemin saja,” aku Sarwendah.

Dia sangat berhati-hati dalam hal tindakan operasi karena batang otak menjadi tempat keseimbangan manusia. Batang otak berperan sebagai penyampai pesan antara otak dan organ tubuh. Ia mengontrol banyak fungsi seperti pendengaran, penghilahan, ekspresi wajah, detak jantung, dan yang lainnya.

Dia berdoa agar kista pada batang otaknya tidak membesar. Sebaliknha, Sarwendah berharap kistanya itu bisa semakin mengecl. Dari MRI pertama ke yang kedua jaraknya sekitar satu bulan, tidak ditemukan adanya pembesaran. Namun untuk memastikannya butuh waktu beberapa bulan ke depan.

Sarwendah juga mengatakan, merasakan sakit pada bagian kepala sudah cukup lama sejak 5 tahun silam atau tahun 2017. Pada 3 tahun pertama sakit kepalanya belum terlalu intensif. Namun,  2 tahun belakangan sakit kepala intensif.

“Tahun kemarin tadinya aku mau MRI, tapi saat itu masih pandemi.Akhirnya (tahun ini) aku ke rumah sakit mau MRI. Dokternya bilang kamu cek tulang leher kamu dulu. Ya sudah cek tulang leher ternyata tulang leher aku ke depan,” katanya.

Sarwendah sendiri tahu soal dirinya kena kista baru beberapa bulan belakangan. Berawal dari dia mengalami sakit hingga memutuskan datang ke rumah sakit. Di sana dia diberi tahu ihwal penyakitnya tersebut.

“Ini benar benar ganggu dan sakit banget,” ucap Sarwendah. (jwp)

Editor : Ricky Juliansyah