Ilustrasi Email. Pixabay
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM Awalnya, email atau Surel akan disimpan dalam sebuah mail server. Pada umumnya, seseorang yang hendak menggunakan email perlu terhubung dengan internet dengan menggunakan koneksi ISP. Karena nantinya, email yang diterima akan tersimpan secara otomatis ke dalam server surat elektronik ISP. Adapun jenis-jenis ISP yang digunakan sebagai koneksi ke email di antaranya:

1. Menggunakan Browser

Ketika kita ingin menggunakan email, kita perlu terakses dulu ke internet. Dalam browser terdapat Internet Explorer dan juga Mozilla Firefox. Namun, akhir-akhir ini orang lebih banyak menggunakan Mozilla Firefox. Bahkan Mozilla Firefox pun juga mulai terkalahkan kepopulerannya sebagai browser. Browser yang mengalahkan Mozilla Firefox ini adalah Google Chrome.

Di sini, muncullah Google Plus atau Google Mail atau Gmail sebagai jenis email yang baru. Seperti halnya pada Yahoo! Mail ataupun Gmail, kita perlu terakses dahulu ke internet hingga dalam keadaan online. Pada umumnya, layanan email berbasis Web selalu disediakan layanan email gratis oleh penyelenggara atau server pesan.

2. Program Email Client

Program Email Client ini di antaranya adalah Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt dan lain sebagainya. Dalam menggunakan program-program tersebut, kita harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Dengan menggunakan program email client, maka kita dapat membaca email tanpa adanya koneksi internet secara terus-menerus.

Bahkan kita juga dapat mengirimkan ratusan atau bahkan ribuan pesan email secara bersamaan. Selain itu, dengan menggunakan program email client, kita dapat menikmati berbagai fitur penyuntingan dan pembacaan email yang mana fitur tersebut dapat digunakan dalam keadaan offline atau tanpa koneksi internet. Sehingga kita bisa lebih hemat dalam penggunaan internet. (rd)

Sumber : Ceritalengkap.com