kejari
Sejumlah masyarakat ketika berjalan memasuki Kantor Kejari Depok. ist
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK Menyoal penyelewengan dana sekitar Rp1,1 miliar yang dilakukan salah satu oknum pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok memeriksa empat orang yang berasal dari Bawaslu Cianjur, Selasa (27/9).

Kepala Seksi Intel Kejari Depok, Andi Rio Rahmat Rahmatu membenarkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada empat orang yang berasal dari Bawaslu Cianjur terkait kasus tersebut.

“Iya empat orang,” ungkapnya kepada Radar Depok, Selasa (27/9).

Andi menjelaskan, keempatnya menjabat Ketua, Kordinator Sekretariat (Korsek), Bendahara dan pegawai pada Bawaslu Kota Depok. Seluruhnya, diperiksa terkait aliran dana yang diberikan oleh Korsek Bawaslu Kota Depok, Syamsu Rahman.

“Ketua, korsek, bendahara dan pegawainya (Bawaslu Cianjur), (pemeriksaan) terkait aliran dana,” terangnya.

Baca Juga  Intan Fauzi : Guru elemen penting menumbuhkembangkan Semangat Empat Pilar

Menurut dia, kasus penyelewengan dana hibah Pilkada 2020 tersebut telah diserahkan Seksi Intel ke Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Depok.

“Setelah melakukan pengumpulan bahan data (PBD) dan pengumpulan bahan keterangan (PBK) dari Seksi Intel, kini dinaikkan status kasus dari Seksi Intel ke Seksi Pidsus,” jelas Andi.

Andi menuturkan, pelimpahan kewenangan itu dilakukan setelah merujuk adanya indikasi korupsinya baik perbuatan melawan hukum maupun kerugian negara yang sudah terang dan jelas. Hal itu juga didasari pada berdasarkan hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam kasus tersebut.

“Dalam proses penyelidikan ini, alat buktinya sudah terpenuhi sesuai KUHP sehingga Kejari Kota Depok melanjutkan proses lebih jauh,” bebernya.

Baca Juga  Oknum TNI Disidang Militer, Sipil Kapan?

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Depok, Mochtar Arifin menegaskan, dugaan korupsi Bawaslu Kota Depok tetap bergulir setelah selesai ditangani Seksi Intel Kejari Depok.

“Untuk jajaran Bawaslu yang dimintai keterangan mulai dari pimpinan hingga anggota dan di jajaran Pemkot Depok juga sudah dimintai keterangan,” tandasnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro