AWALAN BAIK: Pemain Indonesia melakukan selebrasi usai Hokky Caraka membobol gawang Timor Leste kemarin (14/9). FOTO: ALFIAN RIZAL/JAWA POS
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Timnas U19 Indonesia vs Hongkong dalam Kualifikasi Piala Asia U20 2023 pada Jumat (16/9) di Gelora Bung Tomo, Surabaya berakhir dengan skor 5-1. Pencetak gol Timnas Indonesia U19 adalah Marselino Ferdinan (2 gol), Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, dan Zanadin Fariz. Skor Timnas U19 Indonesia vs Hong Kong ini membuat Garuda Muda sejajar dengan Vietnam di klasemen Kualifikasi Piala Asia AFC U20 2023 Grup F.

Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong mencetak 9 gol, kebobolan 1 kali, dengan selisih surplus +8. Vietnam sendiri pada Jumat (16/9) sore menggasak Timor Leste 4-0. Bertanding lebih belakangan dari Vietnam, Timnas U19 Indonesia sudah tahu apa yang harus mereka lakukan lawan Hongkong.

Pertandingan berjalan 10 menit, Rabbani Tasnim sudah merobek gawang Pong Cheuk Hei. Ia memanfaatkan bola silang dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan lawan. Tandukan Rabbani masuk, ini gol keduanya di Kualifikasi Piala Asia U20 2023. Berselang 12 menit, Alfriyanto Nico, pemain asal Persija, mencetak gol kedua Garuda Muda. Melakukan umpan satu-dua, Nico membuka barisan belakang Hongkong, lantas menempatkan bola ke sudut jauh gawang lawan.

Meskipun Hong Kong melakukan taktik pressing tinggi, Timnas U19 Indonesia tetap menemukan cara untuk mencari celah. Sekitar 2 menit jelang turun minum, giliran Zanadin Fariz yang mencetak gol. Ia bergerak dari sisi kanan pertahanan Hong Kong, melewati beberapa pemain, lantas menempatkan bola melewati Pong Cheuk Hei. Dengan skor 3-0 di babak pertama, Garuda Muda tinggal mencari 2 gol lagi pada babak berikutnya untuk unggul selisih gol dari Vietnam di klasemen Grup F. Namun, upaya mereka tidak mudah.

Sebaliknya, Hong Kong bisa memukul balik. Menit 58, ketika masih tampak mencari celah untuk gol keempat, Timnas U19 Indonesia justru terkena hukuman penalti setelah Ahmad Rusadi didakwa melakukan hand ball aktif. Sementara itu, Cahya Supriyadi yang berusaha menyongsong bola mengalami benturan dengan lutut Rahmat Beri Santoso.

Cahya Supriyadi harus diangkut ambulans karena cedera kepala. Shin Tae-yong kemudian menggantikannya dengan Aditya Arya Nugraha, kiper Persebaya. Tugas pertama Aditya, menghadapi penalti Chen Ngo Hin, sebenarnya berjalan apik. Ia berhasil menepis tembakan tersebut. Namun, Chen yang leluasa, mudah saja mencetak gol lewat rebound penaltinya sendiri.

Timnas U19 Indonesia tampak goyah setelah kemasukan gol ini. Shin lantas menyuntikkan Marselino Ferdinan. Sang pemain asal Persebaya menciptakan perbedaan besar di sisa pertandingan. Menit 86, menerima umpan Robi Darwis, Marselino berhasil menaklukkan Pong Cheuk Hei. Gol tadi membuat Indonesia semakin bergairah. Menit 89, Marselino dijatuhkan di kotak penalti. Dia sendiri yang mengeksekusi tendangan 12 pas.

Dengan dingin, Marselino membuat skor jadi 5-1. Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U19 masih harus menunggu laga terakhir untuk lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023. Ada Vietnam yang bakal menantang mereka dalam laga Jumat (18/9) di GBT Surabaya pukul 20.00 WIB.(tir/rd)

Pencetak Gol: Rabbani Tasnim 10′, Alfriyanto Nico 22′, Zanadin Fariz 43′, Marselino Ferdinan 86′ dan 90+1′ penalti/Chen Ngo Hin 62′