Ilustrasi Email. Pixabay
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COMSama halnya menulis surat, bahwa menggunakan email juga memiliki kebijakan dan etika-etika yang tidak tertulis dalam penggunaannya. Dan juga sama halnya seperti sebuah pesan bahwa email juga terdapat pesan formal dan pesan informal. Sehingga, dalam penggunaan email kita perlu memperhatikan beberapa poin penting yang termasuk di bawah ini, di antaranya:

Etika Menggunakan Email

  • Kita tidak dianjurkan mengirim pesan dengan lampiran/attachment yang ukurannya terlalu besar yaitu lebih dari 1mb. Hal ini dimaksudkan bahwa tidak semua orang memiliki akses internet yang begitu cepat dengan kecepatan yang sama dengan kita. Karena, biasanya kita mampu mengirim file lampiran tersebut, namun penerima pesan kita tidak dapat mengunduh pesan kita, sehingga pesan dikatakan gagal sampai. Bahkan beberapa penyedia email juga mulai membatasi ukuran file yang dikirim agar tidak melebihi kapasitas yang sudah ditentukan.

  • Tidak dianjurkan mengirim lanjut atau me-forward pesan ke seseorang tanpa berpikir apakah orang tersebut (yang menerima pesan kita) membutuhkan pesan tersebut atau tidak.

  • Tidak dianjurkan mengosongkan kolom subjek. Sehingga, kita dianjurkan untuk mengisi kolom subjek apapun itu tulisannya.

  • Tidak dianjurkan menggunakan huruf Capslock atau huruf capital semua seperti ‘KAMU CANTIK’. Hal ini menunjukkan bahwa kita kesannya berteriak ke dia.

  • Tentunya dianjurkan menggunakan kata-kata yang santun dalam berkomunikasi. Karena ada kalanya apa yang kita tulis berbeda makna dengan apa yang sebenarnya kita sampaikan. Sehingga perlu kita menuliskan dengan secara hati-hati dan dengan hati.

Istilah dalam Email

Adapun beberapa istilah dalam email yang perlu kita ketahui di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sign Up: mendaftarkan diri sebagai pengguna email.

  2. Sign In: untuk masuk ke email dengan menggunakan user id yang sudah didaftarkan sebelumnya.

  3. Compose: menulis surat atau pesan baru.

  4. Inbox : surat atau pesan yang masuk ke email kita.

  5. To: kolom alamat email pengguna yang kita tuju.

  6. CC: kolom yang bisa kita gunakan ketika kita mengirimkan pesan atau surat ke banyak pengguna.

  7. BCC: kolom seperti CC, namun pada kolom ini, kita tidak member tahun alamat email kita kepada para pengguna email yang kita tuju.

  8. Draft: merupakan tempat di mana sebagai penyimpan pesan atau surat yang tidak terkirim atau belum terkirim.

  9. Sent: tempat penyimpanan pesan atau surat yang sudah terkirim.

  10. Spam: tempat penyimpanan pesan atau surat yang sifatnya mengganggu atau berisi kata-kata yang kurang baik.

  11. Reply: tombol untuk membalas surat atau pesan.

  12. Trash: tempat penyimpanan pesan atau surat yang sudah dihapus. Dalam trash, kita dapat menghapus secara permanen pesan atau surat kita untuk antisipasi kita dalam melindungi pesan kita terhadap para hacker.

  13. Bulk: tempat penyimpanan pesan atau surat yang dicurigai sebagai pesan atau surat yang dianggap sebagai SPAM.

  14. Forward: tombol untuk meneruskan surat atau pesan tanpa kita menuliskan kembali isi pesan tersebut, kecuali jika memang dibutuhkan tambahan pesan.

  15. Attachment: fitur email yang digunakan dalam pengiriman pesan berupa gambar, file, video dan lain sebagainya.

Itulah 15 istilah dalam email, yang mungkin ada beberapa istilah yang baru kita ketahui saat ini. Karena, pada dasarnya kebanyakan manusia hanya menggunakan suatu alat tanpa memahami apa yang ada di dalam alat itu sendiri. (rd)

Sumber : Ceritalengkap.com