Sekretaris DPW PAN Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Usulan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarno Putri ikhwal tidak ada perubahan nomor urut partai pada Pemilu 2024. mendapat respon dari Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad.

“Kalau tidak berubah sih bagus ya, karena stok bendera kita (PAN) dengan nomor 12 masih banyak, ya tidak ada masalah sih sebenarnya,” tutur Hasbullah kepada Radar Depok.

Namun, Hasbullah yang juga Anggota DPRD Jawa Barat ini menyambung, demi azas keadilan sebaiknya tiap lima tahun dikocok ulang. Hal ini pun sudah tertuang dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024.

Baca Juga  Pengurus KNPI Periode 2014-2017 Berpamitan

“Itu sudah ada tahapannya untuk pengundian nomor urut partai, jika tidak salah di Desember 2022 ini,” kata Hasbullah.

Politikus senior di Depok yang digadang-gadangkan bakal maju dalam Pilkada Depok 2024 ini pun menegaskan, karena setiap partai juga ingin merasakan nomor kecil.

“Karena kalau nomor besar atau dua angka itu kan makan tempat, kalau satu atau dua kan lebih simpel,” papar Hasbullah.

Kendati demikian, suami dari Lusiana Setiawan yang merupakan dewan dari Dapil Jabar VIII (Kota Depok-Kota Bekasi) ini mengungkapkan bahwa hal tersebut bukan sesuatu yang prinsipil.

“Kalau mau ditetapkan ya monggo, tidak apa-apa, kami (PAN) sudah hafal nomor 12, dikocok ulang ya tidak apa-apa juga, siapa tahu dapat nomor 1. Ya alangkah baiknya dikocok ulang demi azas keadilan, per 5 tahun sebelumnya dikocok ulang, ya Pemilu ini kocok ulang lagi. Jadi, orang siap berganti nomornya per 5 tahun,” pungkas Hasbullah. (cky)

Baca Juga  Sri Utami : RP3KP Menjamin Warga Miliki Rumah

Editor : Ricky Juliansyah