Logo Partai HANURA. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Sosok Jendral TNI (Purn) Wiranto tidak dapat dilepaskan dari sejarah Partai HANURA, yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan sekaligus sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada masa Orde Baru kepemimpinan Presiden Soeharto.

Partai ini dideklarasikan pada tanggal 21 Desember 2006 di Jakarta, dan tanggal pendiriannya tercantum 14 November 2006.

Lambang Partai Hanura

Lambang merupakan bagian dari sejarah partai Hanura berbentuk empat persegi panjang dengan warna putih, merah dan putih yang mendatar posisinya. Pada bagian merahnya terdapat tulisan Hanura berwarna putih dengan ujung yang meruncing, berbentuk anak panah yang melesat maju dan menembus warna coklat tanah. Pada bagian putih di bawahnya tertulis Partai Hari Nurani Rakyat berwarna hitam. Warna pada lambang dalam sejarah partai Hanura juga memiliki arti tersendiri. Warna putih, merah, hitam dan coklat tanah terdapat pada lambang Hanura.

Baca Juga  Saat Hasbullah Hadiri Panjat Pohon Pisang di Sukamaju : Apresiasi Antusias Warga, Minta Lestarikan Tradisi

Arti dari setiap warna

  1. Warna putih bermakna kesucian dalam konteks mengemban amanah hati nurani rakyat.
  2. Merah bermakna keberanian dalam menghadapi berbagai kendala dalam perjuangan.
  3. Coklat tanah berarti adanya kearifan dalam mewujudkan kemandirian bangsa dan kesejahteraan rakyat.
  4. Sedangkan warna hitam berarti keteguhan hari dan ketegasan sikap dalam mencapai apa yang dicita – citakan melalui perjuangan tersebut.

Simbol yang terdapat pada lambang memiliki makna seperti berikut:

  • Anak panah yang bersudut lima melambangkan cita – cita yang akan dicapai dengan dasar Pancasila.
  • Tulisan HANURA yang diposisikan di tengah anak panah melambangkan langkah perjuangan partai yang selalu bergerak maju untuk mengemban amanah dari hati nurani rakyat.
  • Gambar lambang yang berbentuk empat persegi panjang bermakna memberi komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam satu wadah yaitu NKRI.
Baca Juga  Fasilitas Pojok Bermain Pondok Jaya Dibuka

Secara keseluruhan, arti lambang yang merupakan bagian dari partai Hanura adalah bahwa partai Hanura mengemban amanah suci hati nurani rakyat yang akan selalu teguh berjuang untuk menghadapi berbagai tantangan demi mewujudkan kemandirian bangsa dan juga kesejahteraan rakyat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam satu wadah yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Nah, itu makna dari lambang Partai HANURA Sobat Radar Depok, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Pemilu. (rd)

Sumber : ceritalengkap.com