Ilustrasi Email. Pixabay
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COMDi dalam sebuah alamat email atau Surel (Surat Elektronik), kita selalu menjumpai dua bagian email yang tak pernah lepas dari komponen email. Berikut komponen dan jenis Email.

Komponen Email

  1. Tanda ‘@’ di sebelah kiri yang fungsinya sebagai user id. User id ini merupakan tanda sebagai penunjuk identitas pemilik email tersebut. User id ini bisa berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor ataupun juga sesuai keinginan pemilik id.

  2. Tanda setelah tanda ‘@’ seperti ymail.com, gmail.com, yahoo.com, dan lain sebagainya. tanda tersebut merupakan nama domain atau hostname yang fungsinya menunjukkan identitas domain yang digunakan pada email sebagai penyimpan pesan.

Jenis Email

Adapun jenis-jenis email yang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri yang juga berbeda-beda. Tiga jenis email yang perlu kita ketahui di antaranya:

1. POP mail

POP mail merupakan salah satu jenis email yang biasanya kita terima dari ISP kita. Kelebihan dari jenis email ini adalah kemampuannya yang dapat dibaca secara offline alias tak perlu koneksi ke internet ketika ingin mengecek email. Yang diperlukan hanyalah koneksi ke server POP mail kita.

Ketika sudah terkoneksi, maka kita dapat mengunduh seluruh email yang ada. Kemudian, kita bisa memutuskan koneksi dengan internet dan membaca pesan email. Namun, kekurangan dari jenis email ini adalah kita tidak bisa mengecek email kita di sembarang tempat. Hal inilah yang dapat membatasi ruang gerak kita dalam membaca email kita.

2. Email berbasis web

Email berbasis web atau Web Based Mail merupakan salah satu jenis email yang ditawarkan oleh berbagai situs atau web yang ada. Kelebihan dari jenis email ini berbeda halnya dengan POP Mail, yang hanya bisa mengecek di satu tempat saja. Namun pada jenis email ini, kita bisa mengecek email dari mana saja, sehingga tempat manapun tanpa batasan ruang, kita bisa mengecek pesan email kita. Namun, kekurangan dari Web Based Mail ini adalah kita harus terhubung atau koneksi dengan internet.

3. Email Forwarding

Dalam penggunaan email jenis ini, kita bisa menyembunyikan alamat email yang sebenarnya dan kita tidak perlu lagi untuk memberitahu email kita yang baru. Itulah ketiga jenis email yang perlu kita ketahui sebagai landasan dasar dalam penggunaan email. Ketiga jenis tersebut merupakan tiga jenis email yang paling mendasar. Karena seiring berkembangnya teknologi, jenis-jenis email pun juga mulai berkembang. (rd)

Sumber : Ceritalengkap.com