Ilustrasi Email. Pixabay
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Surat elektronik atau email sudah mulai digunakan sejak tahun 1960-an. Namun, jika dipikirkan kembali pada tahun berikut, internet belum ada. Sehingga pada saat itu, pesan elektronik ini dapat digunakan dengan menggunakan beberapa komputer yang terbentuk sebagai jaringan.

Berbicara mengenai sejarah email, mari kita memutar waktu menuju tahun 1986. Pada sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN) yang dikontrak oleh Department Pertahanan Amerika Serikat dalam menciptakan sesuatu yang bernama ARPANET. ARPANET ini merupakan cikal bakal dari internet. Ya, dulu internet ini memiliki sejarah dengan nama ‘ARPANET’ yang merupakan singkatan dari ‘Advanced Research Projects Agency Network. Dulu, ARPANET diciptakan karena memiliki tujuan dalam menciptakan suatu metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.

Ray Tomlinson yang merupakan seorang insinyur ini telah ditugaskan dalam proyek SNDMSG pada tahun 1971. Ray pada saat itu merupakan seorang computer engineer yang bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN). BBN merupakan suatu lembaga milik lembaga Pertahanan Amerika. SNDMSG merupakan suatu program baru yang sebenarnya merupakan program lama, namun diaktifkan kembali oleh Amerika Serikat. Jika dibandingkan degan perkembangan teknologi masa kini, maka dapat dikatakan bahwa program SNDMSG ini merupakan program yang terbilang sangat primitif bahkan jauh dari modernisasi.

Sejarah Email

Dalam program SNDMSG ini hanya bisa digunakan dalam meninggalkan pesan pada sebuah komputer. Dapat dikatakan bahwa dalam program tersebut hanyalah memungkinkan para pengguna pada mesin yang sama saja dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Namun, bagaimana jika berbeda mesin?

Pengguna mesin tersebut hanya dapat membuat dokumen teks yang kemudian dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama. Karena, pada saat itu, Ray hanya bereksperimen yang hanya bisa meninggalkan pesan pada sebuah komputer saja. Seiring perkembangannya waktu dan teknologi, maka inovasi dalam berteknologi pun muncul kembali dengan adanya Ray yang melanjutkan eksperimennya. Ia mencoba menggunakan file protocol yang bernama CYPNET. Hal ini diharapkan bahwa SNDMSG ini dapat mengirim pesan ke komputer lain dengan catatan masih dalam jaringan ARPAnet. Nah, di sinilah tercipta atau awal mulanya ‘email’.

Dalam pesan e-mail pertama di dunia yang digunakan Ray adalah pesan ‘QWERTYUIOP’. Jika dilihat pesannya, pesan tersebut merupakan huruf-huruf yang ada di keyboard komputer pada bagian atasnya. Ray mulai mengenalkan icon ‘@’ pada tahun 1972. Ikon tersebut merupakan sebuah identitas e-mail yang fungsinya sebagai pemisah antara user id dengan domain dari sebuah alamat email. Ikon ‘@’ ini artinya adalah ‘at’ yaitu bahasa Inggrisnya ‘pada’.

Nah, Eudora merupakan salah satu program email yang pertama kali digunakan dan merupakan program terbesar dalam email. Eudora merupakan nama yang diambil almarhum ayah Steve Dorner yaitu Eudora Welty. Beliau adalah seorang penulis terkenal di masa itu di Amerika. Eudora merupakan client email pertama yang menyediakan fitur antarmuka grafis. Steve Dorner yang merupakan salah satu karyawan di University of Illinois yang pertama kali menulis tentang email pada tahun 1988.

Pada saat itu, email ini bersifat gratis hingga kemudian pada tahun 1994 setelah email dibeli oleh Qualcomm, Eudora menjadi produk yang sangat profesional. Seperti halnya pada aplikasi saat ini, bahwa pada masa itu, Eudora merupakan raja aplikasi yang dapat bertahan hingga beberapa tahun. Namun, ia harus tergantikan oleh client email lainnya dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi sangat populer pada masa itu, karena ia mampu menyaingi fitur yang dimiliki Eudora pada saat itu. Hal ini karena adanya penyedia yang gratis dan mudah aksesnya ketika diakses oleh browser.

Perkembangan Email

Tidak seperti dahulu, bahwa pada tahun 1980-an, email mulai dapat digunakan oleh khalayak umum. Bahkan para pelajar pun saat ini telah diwajibkan menggunakan dan memiliki email. Di sini mulai adanya email yang berbayar juga. Namun, masih banyak juga email berbasis web yang masih gratis seperti Yahoo, Google, MSN, dan lain sebagainya, ya walaupun email-email tersebut telah membatasi kapasitas yang terbatas.

Memang perkembangan email ini mulai dirasakan kenyamanannya. Namun ada hal yang membuat perkembangan ini menurunkan sesuatu. Yaitu kantor pos mulai banyak yang tutup karena banyak orang yang mulai menggunakan email sebagai sarana mengirim pesan.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai email, mulai dari sejarah email, pengertian, kelebihan, kelemahan, komponen dan lain sebagainya sebagai penunjang kita dalam mengetahui dan penambah wawasan kita mengenai email. Jadi, kini kita tidak semata-mata menggunakan email saja, melainkan juga memahami bagaimana sejarah dan asal usul email itu sendiri. (rd)

Sumber : Ceritalengkap.com