IKUT SERTA : Kepala SMPN 28 Depok, Rodiah Ambasari (dua kanan) bersama dengan Wakil Kesiswaan Bidang Humas SMPN 28 Depok, Hariyanto saat berada di salah satu stand makanan dalam kegiatan Market Day, Rabu 21 September 2022.
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM SMPN 28 Depok mengadakan kegiatan Market Day, Rabu 21 September 2022.  Dalam kegiatan tersebut diikuti siswa kelas VII dan VIII dan dibantu oleh koordinator kelas (korlas) dan komite sekolah.

 

Kepala SMPN 28 Depok, Rodiah Ambasari mengatakan, dalam kegiatan Market Day tersebut,  setiap kelas diberikan kebebasan untuk menjual beragai produk, mulai dari makanan, minuman, sampai dengan kerajinan.

 

Namun, setiap stand makanan harus berbeda apa yang dijual dari stand makanan lainnya. Agar, terdapat keberagamanan yang dijual siswa.

 

“Tentunya ada kerjasama yang baik antara siswa dengan koorlas untuk apa yang mereka jual di stand makanannya,” ucap Rodiah didampingi Wakil Kesiswaan Bidang Humas SMPN 28 Depok, Hariyanto.

 

Rodiah menjelaskan, kegiatan Market Day tersebut adalah yang perdana yang diadakan di SMPN yang berlokasi di Komplek Timah, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis tersebut.  Dan rencananya, Market Day akan dijadikan program tahunan, dimana diadakan setahun dua kali atau satu kali tiap semesternya.

 

“SMPN 28 usianya baru mau dua tahun. Jadi, ini adalah kegiatan perdana, dan akan dilaksanakan seterusnya,” jelasnya.

 

Rodiah menuturkan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan siswa dengana kegiatan Market Day tersebut, dimana salah satunya adalah menanamkan jiwa entrepreneurship di dalam diri siswa.  Bahkan, siswa jadi belajar tentang bagaimana berstrategi dalam dunia bisnis atau usaha.

 

“Siswa harus bestrategi apa yang harus dilakukan agar dagangannya laku, bahkan memilih apa yang akan mereka jual, dan sesuai target pasar yang dituju,” jelasnya.

 

Sementara itu, Wakil Kesiswaan Bidang Humas SMPN 28 Depok, Hariyanto menuturkan, di Market Day juga menjadi pembelajaran ke siswa tentang bagaimana berkomunikasi ke orang lain, terutama saat menawarkan apa yang mereka jual. Karena, sesuai dengan konsepnya  yakni menjadi pengusaha.

 

“Kegiatan Market Day mendapatkan dukungan dari koorlas dan juga komite sekolah, dan memang sudah banyak kegiatan sekolah yang merupakan hasil dari kerjasama dengan komite sekolah,” tuturnya.(dra)

Jurnalis : Indra Siregar 

Editor : Indra Siregar