gedung kpk
Gedung KPK. Jawa Pos
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COMKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sejumlah orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Semarang, Kamis (22/9).

Oknum di lingkungan Mahkamah Agung (MA) turut diamankan dalam operasi tersebut. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyampaikan, OTT di lingkungan kekuasaan lembaga kehakiman itu diduga terkait adanya dugaan suap. Diduga praktik suap itu terkait pengurusan perkara di MA.

Berkaitan dugaan tindak pidana korupsi suap dan pungutan tidak sah dalam pengurusan perkara di Mahkamah Agung,” kata Ghufron dikonfirmasi, Kamis (22/9).

Satgas penindakan KPK juga turut mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya berupa uang dalam kegiatan operasi senyap tersebut. “Sejumlah uang dalam giat ini yang masih terus kami kembangkan,” ucap Ghufron.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. Dia menyatakan, OTT tersebut dilakukan Rabu (21/9) malam.

Sebagaimana informasi yang kami terima, Rabu malam (21/9) Tim KPK melakukan tangkap tangan pada beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana penerimaan hadiah atau janji terkait pengurusan perkara di MA,” ucap Ali.

Juru bicara KPK bidang penindakan ini menyampaikan, pihak-pihak yang diamankan akan ditentukan status hukumnya setelah 1×24 jam menjalani pemeriksaan intensif.

Untuk perkembangan lebih lanjut, segera akan kami sampaikan setelah seluruh kegiatan ini selesai dilakukan,” pungkas Ali. (rd/jun)

Sumber : Jawa Pos