Ilustrasi Email. Pixabay
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Namanya buatan manusia, tentu tidak ada yang sempurna, demikian juga dengan Email, tentu ada kelebihan dan kelemahannya. Berikut Radar Depok sajikan kelebihan dan kelemahan dari Email alias Surel.

Kelebihan Menggunakan Email

Kita tidak hanya memahami sejarah email, namun kita perlu memahami bagaimana kelebihan dalam menggunakan email. Kelebihan-kelebihan itu di antaranya:

1. Nyaman, Murah dan Mudah

Bayangkan saja, dulu ketika nenek kakek kita ingin mengirim pesan, mereka harus pergi dulu ke kantor Pos. namun sekarang, kita sudah bisa mengirimkan pesan kita hanya tinggal duduk saja di depan komputer yang cukup terhubung dengan internet saja. Bahkan akhir-akhir ini, email pun sudah bisa dikirimkan menggunakan ponsel kita dan PAD (Personal Assistant data).

Dalam hitungan detik, pesan yang kita kirim dapat terkirim ke berbagai belahan dunia manapun. Dengan biaya yang sangat murah bahkan gratis, kita dapat mengirim pesan tersebut kapanpun dan dimanapun. Bahkan mengirim email kini diakui lebih murah dibandingkan biaya telepon atau pesan SMS (Short Message Send). Selain itu, kita juga lebih berhemat dalam penggunaan sumber daya seperti kertas, pulpen, atau pun yang lainnya dalam mengirimkan pesan.

2. Global

Email dapat dikatakan universal, karena dapat digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Sehingga dapat dikatakan bahwa email merupakan jenis komunikasi yang universal. Bahkan kita dapat menyimpan pesan kita yang terkirim di email, sehingga tidak akan hilang pesan kita, kecuali dihapus oleh kita sendiri. Bahkan pesan yang kita kirimkan ini bukan hanya berupa teks saja, melainkan bisa berupa gambar ataupun video, bahkan suara.

Kelemahan Email

Segala sesuatu, pasti memiliki kelebihan dan juga kelemahan. Sehingga, dalam penggunaan email pun juga terdapat kekurangannya. Walaupun email ini lebih kelebihannya dibandingkan kekurangannya. Beberapa kelemahan penggunaan email ini di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Salah Kirim

Bayangkan saja, ketika kita bekerja di salah satu perusahaan, lalu kita dapat perintah dari bos untuk mengirim pesan berupa dokumen penting kepada perusahaan partner. Namun, kita salah alamat email. Masih lebih bagus, jika alamat email yang kita kirimkan tidak ada yang menggunakan atau alamat yang belum pernah digunakan oleh siapapun. Jika alamat email tersebut sudah digunakan oleh orang lain, bisa-bisa dokumen tadi akan disalahgunakan oleh orang tersebut. Ya, walaupun sebenarnya kekurangan ini terletak pada diri kita sebagai manusia yang tak luput dari kesalahan.

2. Rawan Penyadapan

Tidak menutup kemungkinan bahwa pesan dalam email kita akan disadap oleh siapapun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, kita perlu berhati-hati dalam mengirimkan pesan ke orang lain. Apalagi pesan tersebut sifatnya rahasia.

3. Pemalsuan Identitas

Identitas dalam email ini bukanlah identitas asli. Sehingga, bisa saja banyak oknum yang memanfaatkan hal ini. Maka dari itu, kita seringkali bukan menerima SPAM dari orang yang tidak kita kenal? Karena identitas sulit terbongkar dalam sebuah pesan elektronik ataupun dalam dunia maya.

4. SPAM

Mungkin kita akan risih dengan jutaan SPAM yang masuk ke dalam email kita. Hal ini merupakan salah satu kelemahan email yang masih belum bisa diatasi. Karena masih saja banyak penyedia email yang tidak menyaring SPAM yang masuk ke dalam email kita.

5. Kebanjiran Email

Jika kita jarang sekali atau bahkan hampir tidak pernah membuka email kita, maka dapat dipastikan kita akan kebanjiran email nantinya.

6. Respon Lambat

Tidak semua orang membuka emailnya setiap hari. Sehingga tidak semua orang yang kita kirimi pesan langsung merespon pesan kita. Sehingga ada kemungkinan pesan akan direspon lambat oleh penerima. (rd)

Sumber : Ceritalengkap.com