pangan
KOMPAK : Camat Cimanggis, Dody Setiawan foto bersama masyarakat setempat yang menjajaki Pangan Murah yang diadakan DKP3 Kota Depok.
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK Demi menjawab keluhan masyarakat akan tingginya harga pangan di pasaran, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok mengadakan Pangan Murah di sejumlah lokasi. Disana, masyarakat dapat membeli aneka bahan pokok dengan harga terjangkau.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan dan Pertanian pada DKP3 Kota Depok, Endang Gunadi mengatakan, pihaknya sengaja melakukan inovasi tersebut demi mengantisipasi atau menekan terjadinya inflasi daerah.

“Dalam rangka pengendalian inflasi pasar di Kota Depok, DKP3 beserta TIPD telah menyelenggarakan gelar Pangan Murah di dua lokasi,” ungkapnya kepada Radar Depok, Jumat (23/9).

Gunadi menjelaskan, pihaknya turut menggandeng Toko Tani Indonesia Center dibawah naungan Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Kegiatan gelar pangan murah dilaksanakan di dua lokasi yaitu Kecamatan Cimanggis dan Pasar Depok Jaya,” ujarnya.

Dia merincikan, dalam gelaran Pangan Murah itu pihaknya menjual sejumlah komiditas dengan harga yang lebih terjangkau seperti beras, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, dan telur.

“Selanjutnya bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah dan gula pasir. Tentunya, yang kami jual lebih rendah dibandingkan dengan harga pasaran,” tutur Gunadi.

Berdasarkan hasil evaluasi dari dua lokasi, beber Gunadi, masyarakat meminta agar program tersebut dapat diadakan setidaknya setiap bulan sekali. Pasalnya, kehadiran komoditas dengan harga yang lebih murah dapat mendongkrak daya beli masyarakat.

“Dari pelaksanaan gelar pangan murah tersebut secara umum, berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi mendapat apresiasi dari masyarakat maupun pemerintah kota,” ucapnya.

Selain harga yang lebih murah, menurut dia, kualitas bahan pangan yang dijual pihaknya itu lebih terjamin kualitasnya.

“Karena, selain harganya lebih murah, kualitasnya juga bagus sehingga berharap bahwa kegiatan serupa dapat digelar secara rutin per bulan,” jelas Gunadi.

Selain itu, ungkap Gunadi, masyarakat meminta agar pihak penyelenggara dapat menyediakan pangan yang beragam. Tentunya, jumlah masing-masing komoditi itu harus diperbanyak.

“Tentunya dengan jenis komoditi yang lebih beragam dan jumlahnya lebih banyak,” bebernya.

Menindaklanjuti saran dan masukan dari masyarakat, tegas dia, pihaknya akan mengadakan Pangan Murah setiap bulan pada wilayah kecamatan. Pasokannya, didapati dari Toko Tani Indonesia Center.

“Pemerintah Kota Depok melalui, DKP3 akan melaksanakan secara rutin kegiatan gelar pangan murah setiap bulan di wilayah Kecamatan dan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI,” tandas Gunadi. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro