LOMBA : Seluruh kelompok PKK RW Kelurahan Beji usai melaksanakan lomba penyuluhan kader PKK RW di aula Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, Kamis (8/9).
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM– Upaya menurunkan angka stunting digencarkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (PKK) Kelurahan Beji, dengan menggelar lomba penyuluhan yang bertemakan ‘Stunting’. Kegiatan lomba ini diikuti seluruh kader kelompok PKK RW yang ada di Kelurahan Beji dengan mengirimkan salah satu anggotanya yang berlangsung di aula Kelurahan Beji, Kecamatan Beji.

“Lomba penyuluhan kader kelompok PKK RW yang diadakan bertemakan pengetahuan terkait dengan stunting. Tujuannya, agar kader-kader dimasing-masing wilayahnya juga mengerti apa itu stunting,” ucap Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Beji, Henny Dwi Yuniawati kepada Radar Depok, Jumat (9/9).

Henny melanjutkan, agar para kader di wilayahnya masing-masing dapat menyuluh serta memberikan motivasi tentang stunting kepada masyarakat.

Baca Juga  Ada Ketentuan Baru di PPDB SD dan SMP Kota Depok, Simak Peraturannya

“Karena angka stunting di Kelurahan Beji ini cukup tinggi, dengan angka mencapai 100 lebih. Untuk itu, lomba penyuluhan ini dilakukan agar mereka bisa memberikan yang terbaik dari pengetahuan para kader perihal stunting, agar angka stunting di Kelurahan Beji juga menurun,” ucapnya.

Henny mengungkapkan, antusias dari para kader PKK yang ada di Kelurahan Beji sangat di luar dugaan ketika perhelatan lomba bergelar.

“Terhitung seluruh peserta yang meramaikan kurang lebih 80 orang, dari kelompok PKK RW1 hingga RW17,” ucapnya.

Henny mengatakan, terdapat lima penilaian yang dilakukan dalam perhelatan lomba yang berlangsung. Diantaranya penyampaian materi, interaksi dengan audiens, penggunaan alat peraga atau media, penampilan peserta dan pemanfaatan waktu.

Baca Juga  Kelurahan Sabar Maksimalkan 10 Program Pokja PKK

“Untuk penilaian sudah dilakukan, juara pertama dari lomba yang digelar adalah kelompok PKK RW8, peringkat dua RW4, dan peringkat tiga dari kelompok PKK RW2, “ ungkap Henny.

Di lokasi yang sama, turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Beji, Susanti mengatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya lomba penyuluhan kader PKK RW Kelurahan Beji untuk menggali potensi kader terkait stunting.

“Tujuan lainnya, agar para kader bisa memaksimalkan penyuluhan yang diberikan dimasing-masing lingkungan mereka nantinya, khususnya stunting.” ucapnya.

Susanti mengatakan, dengan adanya lomba penyuluhan yang bertemakan stunting ini, diharapkan angka stunting yang ada di Kelurahan Beji dapat menurun atau tidak ada sama sekali.

Baca Juga  Pembahasan Program Ditunda Tunggu Ketua Baru

“Lomba yang digelar diikuti oleh seluruh kader PKK RW yang ada di Kelurahan Beji dengan mengirimkan salah satu perwakilannya untuk tampil memberikan pengetahuannya terkait stunting saat lomba bergelar,” jelasnya.

Susanti mengucapkan, dengan perhelatan lomba yang bergelar, ia berharap setidaknya menemukan bakat-bakat yang baik dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

“Agar masyarakat yang diberikan wawasan nantinya mudah memahami, sehingga masyarakat mau bersinergi untuk menurunkan angka stunting, bahkan meghilangkan angka stunting,” tutupnya. (ama)

Jurnalis : Adly Rama 

Editor : Indra Siregar