PEMBINAAN : Puluhan petugas Bina Lanjut Usia  (BKL) unit RW di wilayah Kelurahan/Kecamatan Limo Kota Depok, mengikuti kegiatan Pembinaan Pokja Lansia, belum lama ini. ISTIMEWA
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Puluhan petugas Bina Lanjut Usia  (BKL) unit RW di wilayah Kelurahan/Kecamatan Limo Kota Depok, mengikuti kegiatan Pembinaan Pokja Lansia, belum lama ini. Program ini sebagai langkah pemberdayaan masyarakat di bawah naungan Seksi Kemasyarakatan (Kemas) Kelurahan Limo.

Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Limo, Siti Bairiyah mengatakan, penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Pokja Lansia merupakan salah satu kegiatan, yang masuk dalam program pembangunan non fisik. Dan menyerap anggaran dari kas daerah 2022. Pihaknya telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam realisasi pembangunan non fisik di 2022.

“Kami berharap semua kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat yang telah kami laksanakan, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) warga Kelurahan Limo,” kata Siti Bairiyah.

Baca Juga  Depok Jaya Jalin Sinergi dengan Halalbihalal

Harapan yang sama disampaikan SekretarisKelurahan (Sekel) Limo, Bambang Eko. Eko mengaku, bangga lantaran di Kelurahan Limo sudah banyak terbentuk komunitas lansia yang memiliki program kegiatan rutin. Seperti yang dilaksanakan oleh Posbindu Graseka dan sejumlah komunitas lainnya.

“Di Limo banyak sekali kelompok masyarakat usia lanjut yang masih eksis melaksanakan kegiatan. Saya berharap penyelenggaraan acara pembinaan Pokja Lansia dapat menambah hasanah pengetahuan para petugas BKL dalam upaya meningkatkan sumber daya lansia di wilayah tugas masing masing,” ujar Bambang Eko.

Terpisah, Ketua Posbindu Graseka Griya Cinere 1 RW10 Kelurahan Limo, Tjiptaningsih mengaku, beruntung bisa mengikuti kegiatan pembinaan lansia yang dilaksanakan oleh Kantor Kelurahan Limo. “Senang bisa mengikuti kegiatan pembinaan lansia karena kami di Graseka selama ini  memang fokus pada upaya meningkatkan kreatifitas para lansia  mengoptimalkan waktu dimasa tua,” tutur Tjiptaningsih.

Baca Juga  Tiga Partai Ini Diprediksi Mendominasi di Pilkada 2024

Pernyataan senada disampaikan Ketua BKL RW7 Limo, Jaja Sumantri. Menurut Jaja, pelaksanaan Pembinaan Pokja Lansia tentu akan sangat bermanfaat bagi para pegiat BKL, dalam melaksanakan tugas pembinaan terhadap para lansia yang ada di wilayah kerjanya.

“Banyak tips yang kami dapatkan dari acara pembinaan Pokja Lansia untuk kami tindak lanjuti dalam kegiatan pembinaan lansia di wilayah kami,” tutupnya.(ama/rd)

Jurnalis : Aldy Rama 

Editor : Fahmi Akbar