yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – PT Karabha Digdaya mendukung pelaksanaan Program BJPS Ketenagakerjaan kepada pekerja rentan yang ada di Kecamatan Tapos, Kota Depok.

 

“Masyarakat yang berhak menerima Program BPJS Ketenegakerjaan ini masuk dalam kategori pekerja informal atau mereka yang termasuk pekerja bukan penerima upah; pedagang kaki lima; pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” ujar Priambodo, Sekretaris Perusahaan PT Karabha Digdaya, Jumat (23/9).

 

Dia mengatakan, sasaran dari program ini juga untuk memberikan edukasi pentingnya sebuah perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja informal atau mereka yang bukan menerima upah.

 

Lebih lanjut Priambodo menambahkan, para penerima bantuan BPJS Ketenagakerjaan ini nantinya akan mendapatkan manfaat bilamana dalam keseharian (Senin sampai Minggu -red) menjalankan usaha terjadi kecelakaan (kerja -red).

“Tapi sesuai dengan syarat-syarat seperti yang tercantum dalam ketentuan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

 

Program pemberian bantuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini menurut Priambodo merupakan salah bentuk tanggung jawab Perusahaan yang menjalankan Surat Edaran Wali Kota Depok No. 560/738/Naker/XII/2021 tentang himbauan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di Kota Depok, dalam program DE’LINNA KERREN (Depok Lindungi Tenaga Kerja Rentan).

 

Sementara itu, Camat Tapos, Abdul Muthalib mengapresiasi atas bantuan yang diberikan oleh PT Karabha Digdaya sehingga hubungan kemitraan yang terjadi selama ini menjadi lebih harmonis dan strategis.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Karabha Digdaya yang selalu berupaya memberi perhatian kepada warga dan masyarakat Tapos. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu menciptakan keamanan dan kenyamanan warga kami dalam melakukan aktivitas usahanya,” ujar Abdul Muthalib.

 

Kaitan dengan Program BPJS Ketenagakerjaan, Abdul Muthalib menerangkan bahwa di lingkungan pemerintahan Kota Depok sampai titik paling bawah yaitu RT dan RW diharuskan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 

“Mudah-mudahan, manfaat ini bisa dipergunakan kalau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” tambah Abdul Muthalib.

 

Neneng Susanah, salah satu penerima bantuan BPJS Ketenagakerjaan menyatakan terima kasih kepada PT Karabha Digdaya.

 

“Terima kasih kepada pihak Perusahaan yang membantu kita, yang ibaratnya pegawai tanpa gaji. Program bantuan ini sangat baik karena bermanfaat sekali jika suatu saat ada kendala, jadi bisa membantu,” ujarnya.

 

Kedepannya, Priambodo menjelaskan bahwa kolaborasi-kolaborasi seperti ini akan terus dijalankan dikarenakan sesuai dengan target dari PT Karabha Digdaya sendiri yang ingin maju bersama masyarakat sekitar. “Tentunya akan ada program-program lain yang dibuat oleh kami dengan sasaran mengembangkan potensi yang ada di wilayah Tapos dan Depok sehingga kita bisa maju bersama,” tutupnya.

 

Sekilas tentang PT Karabha Digdaya

PT Karabha Digdaya berdiri sejak Oktober 1989. Sejak tahun 2004, 100% saham Perusahaan dimiliki oleh Pemerintah RI cq Kementerian Keuangan. Saat ini, Perusahaan memiliki 2 (dua) bisnis utama yaitu Lapangan Golf dengan nama Emeralda Golf Club (EGC) dan pengembangan properti dengan nama Cimanggis Golf Estate (CGE). Kedua bisnis Perusahaan berada di lahan seluas + 500 ha di wilayah Kecamatan Tapos. (dra)

 

Jurnalis : Indra Siregar

Editor : Indra Siregar