PRAKERJA : Sejumlah Warga RT9/1 Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas Kota Depok saat verifikasi data prakerja di kediaman Ketua RT9/1 Jalan Salak 3, Kamis (22/9). ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Program prakerja yang digencarkan pemerintah kembali bergulir. Kini, giliran warga RT9/1 Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas Kota Depok yang mendapatkannya. Sejumlah petugas dikerahkan guna membantu warga dalam memverifikasi data di kediaman Ketua RT9/1, Jalan Salak 3.

Koordinator Pelaksana, Vini Ayu mengatakan, program prakerja yang diselenggarakan pemerintah ini untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut.

“Kami di sini bertugas untuk membantu warga memverifikasi data mereka, agar bantuan yang ditotalkan senilai Rp2,4 juta dari pemerintah yang diberikan selama berangsur dalam empat bulan dapat mereka terima senilai Rp600 ribu,” jelasnya kepada Radar Depok, Kamis (22/9).

Vini mengungkapkan, untuk persyaratan bagi warga yang ingin mengaktifkan program prakerja ini cukup membawa KTP asli, foto copy Kartu Keluarga (KK) dan ponsel dengan Operation System (OS) yang mendukung.

Baca Juga  Petugas Damkar Kota Depok Tetap Siaga

“Secara teknisnya, kami akan membantu mereka untuk mendaftarkan melalui link prakerja.go.id hingga akun mereka terverifikasi melalui ponsel,” ungkap Vini.

Setelah akun berhasil terverifikasi, lanjut Viny, tidak semua akun dapat berhasil, karena data warga di saring melalui sistem dari pusat.

“Tujuan prakerja sendiri diperuntukkan bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan secara merata, dan kami hadir di sini untuk membantu beberapa warga yang tidak paham dengan mendaftar prakerja lewat ponsel,” terangnya.

Menurut Vini, prakerja merupakan hak masyarakat untuk mendapat bantuan, untuk itu bantuan kepada masyarakat diberikan secara langsung untuk memudahkan mereka dari segi pendaftaran dan verifikasi data.

“Program ini sudah berjalan dari tahun 2020, kalau tidak salah ini sudah memasuki gelombang ke-54,” ungkap Vini.

Baca Juga  Semangat Kemerdekaan di RW14 Bojongsari Depok, Bangun Lingkungan dengan Filosofi Panjat Pinang

Di lokasi yang sama, turut hadir Ketua RT9/1 Mampang, Burhani mengungkapkan, bantuan prakerja berlangsung selama dua hari, tentunya bantuan yang diberikan pemerintah sangat membantu.

“Alhamdulillah warga kami sangat merasa terbantu dengan program prakerja yang diberikan pemerintah, dengan dihadirkannya petugas di sini sehingga warga yang kurang paham mendaftar prakerja dengan ponsel dapat dibantu oleh mereka,” ungkap Burhan sapaan akrabnya.

Burhan mengatakan, antusias warga begitu baik, selama berjalannya dua hari program prakerja yang diberikan ini, ia menargetkan minimal 100 KK.

“Sebelum bantuan diberikan, seluruh pengurus lingkungan di wilayah RW1 Mampang terkait prakerja berkumpul membahas prakerja yang akan disalurkan. Kemudian informasi saya sampaikan melalui grup Whatsapp, yang direspon baik oleh warga sekitar dengan hadirnya mereka berbondong-bondong membawa persyaratan untuk diajukan di tempat,” jelasnya.

Baca Juga  Pancaroba Picu Hujan Es di Bojongsari, Depok

Burhan mengungkapkan, ia turut bersyukur dengan bantuan yang diberikan, karena dengan harga pangan, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan lain sebagainya sudah meningkat, hingga bantuan yang diberikan begitu berarti.

“Semoga apa yang sudah diterima oleh warga yang sudah terverifikasi bahkan mendapatkannya nanti dapat memaksimalkan prakerja yang sudah diberikan,” pungkasnya. (ama/rd)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Fahmi Akbar