SAMBUTAN : Lurah Krukut R Agus Muhammad didampingi Camat Limo Sudadih dan stakeholder sedang memberikan arahan di Bank Sampah Meli di RT6/7 Kelurahan Krukut, Limo Kota Depok. ISTIMEWA
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Kelurahan Krukut dinobatkan sebagai perwakilan Kecamatan Limo Kota Depok dalam menghelat World Clean Up Day (WCD), Kamis (22/9). Di pelataran Kelurahan Krukut sejumlah aparatur mengadakan senam bersama sebelum kelapangan memungut sampah. Aksi ini dimaksudkan, agar lingkungan terjaga dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilakukan dengan kebersamaan.

Camat Limo, Sudadih mengatakan, kegiatan ini sebagai sarana menjalin kebersamaan dan olahraga agar tubuh dan jiwa menjadi sehat. World Clean Up Day menurutnya sebagai bersih–bersih. Di 2021 dilakukan disetiap kelurahan, nah di 2022 dilakukan di tiap kecamatan. WCD bukan hanya sekedar slogan, tapi berkomitmen agar lingkungan terjaga dengan PHBS.

“Kedepannya kebersamaan ini agar lebih ditingkatkan. Di kecamatan pada setiap awal bulan dilakukan senam kebugaran bersama. Suksesnya sebuah pekerjaan bukan karena seorang Superman tetapi adalah Supertim. Selesai ini kita meninjau ke RT6/7 dalam pemilahan sampah,” tegas Sudadih.

Lurah Krukut, R Agus Muhammad menuturkan,  mengenai sampah pasti konotasinya jorok, kumuh dan lainnya. Sampah jangan menjadi musuh, namun bagaimana cara menyiasatinya agar sampah menjadi sumber penghasilan. Ini sudah dibuktikan Bank Sampah Mekar Peduli (Meli), yang berkiprah selama kurang lebih empat tahun.

Menurutnya, Bank Sampah Meli pernahi menjadi Juara II Pemilahan Sampah tingkat Kota Depok. Awalnya anggota hanya 20 sekarang sudah meningkat menjadi 60 pelanggan. Selain penimbangan, anggota juga berhasil membuat karya aksesoris dari sampah. “Kami selalu support kegiatan ini agar berkembang menjadi lebih baik lagi, tidak menutup kemungkinan akan muncul bank Sampah lainnya pada setiap RW,” tandas lurah.

Pantauan Radar Depok, selain Camat Limo, Lurah Krukut. Turut hadir pula Sekel Krukut Firman, Ketua TP PKK Krukut, Ketua LPM Krukut Husen, ketua lingkungan dan stakeholder Krukut.(ama/rd)

Jurnalis : Aldy Rama 

Editor : Fahmi Akbar