KOMPAK : Guru Kesiswaan SMPN 6 Depok Siswo (duduk) berfoto bersama Wakil Kepala Sekolah SMPN 6 Depok. Bunga Rae Maden / Radar Depok
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Siswa SMPN 6 Depok dituntut untuk menjadi kaum terpelajar,banyak hal yang harus dikembangkan oleh siswa dari kebiasaannya di tingkat sekolah menengah, salah satu yang menjadi penunjang perkembangan siswa adalah persoalan etika.

“Etika merupakan nilai moral dan norma yang menjadi pedoman bagi seseorang maupun kelompok dalam mengatur tindakan dan perilaku” Kata Guru Kesiswaan SMPN 6 Depok , Siswo, Kamis (22/9).

Siswo menjelaskan, Dengan menerapkan etika di SMPN 6 Depok ,bisa menjadikan siswa yang terdidik , sopan santun dan displin.

“Oleh karena itu, Guru guru mengajarkan dengan cara senyum,sapa  dan salam, supaya ada rasa empati , dan rasa menghormati kepada sesama Teman nya dan kepada Guru atau pengurus sekolah” Ucapnya.

Siswo mengatakan, jika ada siswa yang masih belum mengerti atau salah dalam beretika, setiap  guru wajib  mengingatkan siswa untuk menjaga tutur kata , supaya bisa membedakan berbicara kepada guru dan kepada sesama teman nya .Contoh jika ada siswa berbicara kepada guru dengan kalimat ‘aku’  itu tidak di perkenankan karena kata aku itu bersifat individu , maka guru itu memberitahu bahwa kata yang sopan dan yang benar adalah ‘saya’, karna itu bersifat netral.

”Saya berharap , dengan adanya Etika siswa menjadi orang yang terdidik dan bisa berperilaku baik di luar sekolah,” pungkasnya. (mg3/rd)

Jurnalis : Bunga Rae Maden 

Editor : Indra Siregar