Ilustrasi Email. Pixabay
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COMKeamanan data email yang kita miliki tidaklah terjamin. Hal ini selalu menjumpai resiko umum yang mungkin dapat diketahui oleh orang umum dan bahkan orang yang tidak kita kenal sama sekali. Pada umumnya, keamanan data dapat bocor ketika kita menggunakan jasa penyedia email yang melewati beberapa server sebelum sampai ke tujuan yang sebenarnya kita maksud. Bahkan tidak menutup kemungkinan, akan selalu ada saja orang yang tidak bertanggung jawab telah menyadap pesan email kita. Hal ini sangat ditakutkan oleh siapapun, khususnya pengguna email perusahaan.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini kita dapat mengantisipasi hal ini. Kita dapat mengamankan data-data rahasia kita dengan menggunakan metode pengacakan atau enskripsi. Salah satu program enskripsi yang paling populer digunakan saat ini adalah PGP (Pretty Good Privacy).

Ketika kita menggunakan PGP, maka data pesan kita akan dienskrip sehingga dengan kata lain, hanya orang yang kita tuju saja yang dapat membaca pesan kita secara lengkap. Namun hal ini dapat dilakukan dengan catatan bahwa keduanya antara pengirim dan penerima haruslah memiliki PGP dan harus sama menggunakannya. (rd)

Sumber : Sejarahlengkap.com