tanam cabai
MENANAM : Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono bersama Serikat Petani Kota Depok melakukan aksi penanaman 5.000 pohon cabai di Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono bersama Serikat Petani Kota Depok melakukan aksi penanaman 5.000 pohon cabai, di Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos, Jumat (23/9). Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Tani Nasional yang diperingati setiap 24 September.

Imam menjelaskan, penanaman dibagi menjadi lima segmen, setiap segmen terdiri dari 1.000 pohon cabai. Sedangkan, cabai yang ditanam pada lahan tersebut merupakan varian cabai ORI 221.

“Penanaman dilakukan di lahan tidur milik perusahaan swasta dengan izin yang sudah disepakati,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Jumat (23/9).

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada pemilik lahan tidur agar bisa bekerja sama dengan anak milenial, Karang Taruna, komunitas tani dan siapapun yang bisa memproduktifkan lahan tidur tersebut.

Saya mengimbau kepada pemilik lahan tidur agar bisa bekerja sama dengan komunitas tani dan lain agar bisa di manfaatkan,” ungkap IBH, sapaannya.

Dia menerangkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghidupkan pertanian perkotaan dan faktor inflasi di Kota Depok, yang membuat harga cabai meninggi.

Jadi kita tidak perlu beli cabai, cukup menanam di rumah masing-masing sehingga kebutuhan cabai bisa di ambil dari tanaman yang di rumah,” kata IBH.

Dikatakanya, bibit tanaman cabai diperoleh secara swadaya sendiri, karena mereka punya keinginan yang kuat menjadi petani. Selain, melihat peluang bisnis yang besar cabai ini.

“Semoga cabai yang ditanam pada hari ini dimudahkan oleh Allah SWT agar bisa tumbuh secara baik dan dapat menghasilkan dengan produktivitas yang bagus,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, pihaknya juga sedang melakukan pengadaan bibit dan benih dibibitkan pada bulan September-Oktober 2022. Yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat.

“Nanti kita bisa bagi kemasyarakat ataupun kelompok tani yang ada di Kota Depok,” pungkasnya. (rd/ana)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Junior Williandro