JKN
ist
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK Maroya (53), seorang ibu rumah tangga yang ditemui Tim Jamkesnews pada kegiatan Mobile Customer Service (MCS), Kamis (9/9) di Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Ia mengungkapkan rasa senangnya menyambut kehadiran pelayanan ini. Dirinya tidak andal dalam menggunakan aplikasi secara online karena keterbatasannya tersebut ia datang ke lokasi MCS hanya untuk memastikan kepesertaan anaknya.

Saya hanya ingin memastikan apakah anak saya benar sudah pindah terdaftar di perusahaan tempat ia bekerja, sebenarnya hanya konfirmasi itu saja. Karena anak saya baru saja diterima kerja kira-kira satu bulan lalu. Namanya orang tua pasti kurang percaya kalau tidak memastikan langsung ke petugas BPJS Kesehatannya sendiri,” ungkap Maroya.

Baca Juga  Tes Kesehatan Calon Kadis di Depok Enam Jam

Maroya menuturkan bahwa sampai dengan saat ini ia dan suami bersyukur karena terus diberikan kesehatan, sehingga mereka belum pernah menggunakan Kartu JKN. Namun ia dan suaminya terus membayar dengan rutin setiap bulannya. Karena selama ini ia sering mendengarkan pengalaman dari orang-orang terdekatnya pada saat sakit menggunakan Kartu JKN, mereka mengaku sangat terbantu sekali.

Apalagi pekerjaan saya sehari-hari hanya seorang tukang jahit yang penghasilannya tidak tetap, tergantung pesanan. Dengan terdaftar aktif di Program JKN saya yakin apabila suatu saat saya membutuhkannya maka saya akan tertolong kelak. Terutama pada usia saya saat ini, kemungkinan mengalami sakit sangat besar,” jelasnya.

Maroya mengatakan, kalau bukan karena pengalaman orang-orang sekitarnya yang berobat sampai operasi menggunakan Kartu JKN, mungkin dia merasa berat untuk membayar tiap bulannya. Karena saudara ataupun kerabatnya sudah terbukti sangat tertolong dengan program ini, bahkan ada yang operasi berat dan tidak mengeluarkan iur biaya sama sekali. Hal ini yang menjadikannya semakin yakin untuk terus rutin membayar iuran setiap bulannya. Bahkan untuk memastikan anaknya tetap terdaftar aktif di perusahaan pun, Ibu Maroya sampai datang langsung ke lokasi MCS agar hatinya tenang dan lega.

Baca Juga  1.500 Siswa Depok Divaksin

Saya tahu kalau semua orang tidak akan selalu sehat, pasti ada masa dimana kita sakit entah itu ringan ataupun berat. Makanya untuk melindungi diri dan keluarga, saya memastikan bahwa minimal keluarga kami sudah terdaftar di Program JKN apapun jenis segmennya. Semoga Program JKN bisa terus membantu banyak orang, termasuk pemerintah juga bisa terus memberikan subsidi bantuan kepada warga yang tidak mampu untuk tetap terdaftar di program ini,” pungkasnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro