ontel
TUNJUKKAN : Ketua Kosti Kota Depok, Gunadi saat menunjukkan sepeda ontel merek BSA Airbone. ALDY RAMA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

Sebagai Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kota Depok yang diangkat 2020 lalu, Gunadi bersama Komunitas Ontel Hepi kerap kali mengadakan kegiatan-kegiatan selain bersepeda atau menghadiri event ontelis, pembahasan tersebut kali ini akan dibahas dalam tulisan seputar kegiatan dan kebanggaan seorang Gunadi sebagai ontelis.

Laporan : Aldy Rama

RADARDEPOK.COM, Pertemuan Gunadi selaku Ketua Kosti Kota Depok dengan awak Radar Depok tidak pernah berubah, kedua belah pihak selalu bertemu di tempat yang dijanjikan, yang sekaligus markas Gunadi menyimpan sepeda-sepeda kesayangannya, apa lagi kalau bukan sepeda ontel.

Selalu, sapaan Gunadi yang begitu ramah selalu dilontarkan kepada siapapun, salah satunya awak Radar Depok yang sudah jauh-jauh hari melakukan perjanjian untuk bertemu satu sama lain di toko elektronik yang ia jaga di Jalan Raya Kalimulya, No40, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.

Baca Juga  Jari Kecil Depok Kreasi dengan Kostum Daur Ulang

Tempat duduk untuk saling bercengkrama pun tak pernah berubah, lokasi selalu disediakan di belakang tokonya. Sesekali ia melirik ke depan, untuk memastikan kehadiran pelanggan yang datang untuk membeli.

Usai duduk santai dan memberikan sajian berupa air mineral, Gunadi dengan senang huati menceritakan kegiatan-kegiatannya sebagai Koodinator Komunitas Sepeda Ontel Hepi.

“Kami tidak hanya bersepeda atau mengikuti event saja, galang donasi bersama Komunitas Ontel Hepi pernah dilakukan pada November, 2020 kepada ontelis yang terkena musibah kecelakaan yang cukup parah,” ungkap Ketua Kosti Kota Depok tersebut.

Bukan hanya itu saja, bentuk kepedulian terhadap sesama pun mereka tunjukkan secara rutin tiap tahun, saat Ramadhan dengan membagikan aneka takjil kepada pengendara yang lewat di basecamp Komunitas Ontel Hepi, yakni di depan Marketing Gallery Grand Depok City (GDC).

Baca Juga  JKN Ternyata Juga Bermanfaat untuk Pencari Kerja

Gunadi mengungkapkan, kegiatan berbagi takjil saat Ramadhan kepada sesama mennurutnya adalah hal yang harus. Karena, bentuk kepedulian harus dituangkan dalam kebaikan yang dibuat dalam hal sekecil mungkin, salah satunya dengan berbagi kepada sesama.

Kini, cerita beralih ke beberapa koleksio ontel yang dimilikinya. Perlu diketahui, sepeda ontel termahal yang dikoleksinya merupakan sepeda produksi tahun 1949 ber merek BSA Airbone.

“BSA Airbone ini merupakan sepeda yang biasa dipakai khusus tentara Inggris saat perang dunia kedua. Sepeda ini saya beli pada 2011 kepada rekan sesama ontelis, dengan harga yang cukup murah,” ungkapnya.

Hal yang mencengangkan adalah, sepeda ontel BSA Airbone yang dibeli Gunadi tersebut ditaksir saat ini mencapai Rp90 juta jika dari cat dan lain sebagainya masih original. Namun sangat disayangkan, cat dari sepeda ontel BSA Airbone tersebut sudah di cat ulang dengan warna yang sama, yakni hijau army.

Baca Juga  Dua Pencuri Kucing di Depok Dibebaskan, Ini Alasan Jaksa

“Harga sepeda ini bisa ditaksir Rp90 juta jika semuanya masih original, namun saya cat ulang dengan warna yang sama. Namun harga sepeda ini mencapai Rp50 juta meskipun catnya tidak original, memang sepeda ini saya sengaja cat ulang agar lebih menarik lagi,” demikian Gunadi. (*)

Editor : Junior Williandro