BERSIHKAN : Gotong-royong bersama RW14 Bojongsari di Situ Tujuh Muara Bojongsari, Minggu (2/10). ALDY RAMA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Meningkatkan kenyamanan dan kesadaran pengunjung terkait kebersihan, Pengurus dan warga RW14 Bojongsari menggelar Gerakan Masyarakat Bersihkan Situ (Gemes) di Situ Tujuh Muara RW14 Bojongsari.

Ketua RW14 Bojongsari, Daud Sulaiman mengatakan, Gemes ini merupakan giat membersihkan Situ Tujuh Muara RW14 Bojongsari yang berkolaborasi dengan beberapa elemen masyarakat.

“Kami berkoolaborasi dengan rekan-rekan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Indonesia (UI), Ikatan Remaja Bersaudara (IRDA) RW14, Asar Humanity, Karang Taruna (Katar), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta Pokja 14 Situ Tujuh Muara Bojongsari,” kata Daud kepada Radar Depok.

Daud menjelaskan, program Gemes ini untuk menyadarkan masyarakat untuk saling menjaga kebersihan yang ada di Situ Tujuh Muara Bojongsari.

Baca Juga  Aksi Taman Musik Depok (1) Aksi Nyata Dukung Kota Layak Anak

“Sebenarnya Gemes ini tidak hanya dilakukan baru-baru ini saja, hampir setiap hari kami membersihkan lingkungan Situ Tujuh Muara bersama Pokja dan Pokdarwis. Namun pelaksanaan kali ini sedikit berbeda, karena berkolaborasi dengan berbagai unsur masyarakat,” jelasnya.

Daud menerangkan, program Gemes ini juga berkaitan untuk mewujudkan tujuh sapta pesona. Yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan, dengan membersihkan sampah-sampah di dalam air maupun daratan.

“Karena Situ Tujuh Muara Bojongsari menjadi salah satu destinasi wisata yang kini banyak dikunjungi masyarakat, untuk itu saya juga mengimbau bagi peserta atau warga yang hadir untuk saling menjaga kebersihan,” terangnya.

Alat yang digunakan, ungkap Daud berupa dua kayu rakit, perahu apung tiga unit, Stand Up Paddle (SUP) dua unit dan dermaga apung untuk menampung sampah yang telah dikumpulkan.

Baca Juga  Kader Posyandu-Posbindu Dilatih

Dengan Kesempatan ini, Dosen Ilmu Lingkungan UI, Kosuke Mizuno mengungkapkan, perhelatan yang berlangsung menjadi tempat untuk anak didiknya untuk melakukan penelitian.

“Tujuh mahasiswa hadir untuk melakukan penelitian guna menambah wawasan mereka seputar lingkungan, dengan mengambil beberapa sampel yang ada di Situ Tujuh Muara Bojongsari,” singkatnya. (ama)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Ricky Juliansyah