Kolaborasi Fisip UI 1
KOMPAK: Mahasiswa Fisip Universitas Indonesia dan FASS Universiti Malaya foto bersama Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono dalam acara Penutupan International Short Term Mobility Program Universiti Malaya. FOTO: ISTIMEWA
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 31 mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dari lintas Prodi (Antropologi, Hubungan Internasional Sosiologi, Politik, Kesejahteraan Sosial, Kriminologi dan  Komunikasi) serta empat dosen dari lintas Departement (Dr. Panji Nugraha, Dr. Fransisca Erry Seda, Dr. Dave Lumenta dan Dr. Shofwan Al Banna) mengikuti kegiatan International Short Term Mobility Program (ISMP) dari 20 mahasiswa S1 Faculty of Arts and Social Sciences University of Malaya.

Penanggung Jawab Program, Nurul Isnaeni, mengatakan, dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa untuk memahami dengan lebih baik perbedaan-perbedaan yang ada di antara masyarakat transnasional, baik pada aspek sosial,  budaya, politik juga terkait dinamika pembangunan yang dijalankan.

Program dibuka di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus Fisip UI, Senin pagi (26/9) oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto bersama Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. Badrul Munir. Setelah menjalani berbagai kegiatan selama lima hari Program diakhiri di Balaikota Depok, pada Jumat malam (30/9) dengan Tuan Rumah Bapak Wakil Walikota Depok, Ir. H. Imam Budi Hartono. Hadir juga dalam acara ini Kepala BAPPEDA Kota Depok.

Baca Juga  Dosen FKUI Kembangkan Penilaian dan Modul KBAP
Kolaborasi Fisip UI 2
SEMARAK: Tim tarian dan paduan suara siswa siswi SMPN 1 Kota Depok menyemarakkan acara dan memberikan kenangan indah untuk peserta International Short Term Mobility Program Universiti Malaya. FOTO: ISTIMEWA

Rangkaian kegiatan ISMP mencakup : Kunjungan ke Perpustakaan Pusat UI, perkuliahan dengan 4 dosen FISIP UI tentang sistem dan dinamika Sosial, Politik Dan Budaya Indonesia serta ASEAN dalam Perspektif Indonesia, Pertukaran gagasan dan pendapat melalui dua sesi diskusi bersama mahasiswa FISIP UI tentang pengorganisasian kehidupan ekstrakurikuler mahasiswa (dengan Pengurus BEM FISIP UI) serta tentang “Youth Perspective on the Future of ASEAN” bersama Pengurus Himpunan Mahasiswa se FISIP UI.

Mahasiswa Juga melakukan kunjungan institusional ke Pemkot Bogor dan Pemprov DKI Jakarta, untuk memahami proses dan dinamika pembangunan berbasis partisipasi publik dalam kerangka SDGs. Tak lupa.mahasiswa juga berjalan-jalan di Sarinah untuk melihat produk2 kerajinan Indonesia yang berkualitas.

Baca Juga  Edukasi Bencana Siswa SD di Tengah Pandemi

Dalam acara Penutupan di Balai Kota Depok, para peserta ISMP UM – UI Juga mendengarkan paparan tentang Pembangunan Kota Depok yang disampaikan oleh Wakil Walikota, Imam Budi Hartono.

Ditekankan bahwa Pembangunan Kota Depok terus berkembang dinamis walau selama dua tahun menghadapi Pandemik Covid-19 yang penuh tantangan. Keberadaan UI, dan kini ada Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) memberikan dorongan tersendiri.bagi Pembangunan Kota Depok.

Namun demikian masih ada kantong-kantong kemiskinan dan tantangan pembangunan lainnya. Oleh karenanya diharapkan Pemkot Depok dapat berkaborasi dengan UI untuk mengembangkan program-program untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

Kolaborasi Fisip UI 3
CERIA: Mahasiswa FISIP Universitas Indonesia berfoto bersama dengan mahasiswa FASS Universiti Malaya di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, yang dihadiri Dekan FISIP UI. FOTO: ISTIMEWA

Acara Penutupan ISMP. – UI ini.dimeriahkan oleh persembahan tarian dan paduan suara siswa siswi SMPN 1 Kota Depok, yang menyemarakkan acara dan membuat semua peserta larut dalam kegembiraan dan keakraban.

Baca Juga  Dosen Vokasi UI Majukan Profesi Fisioterapis

“Acara ini telah menyempurnakan program mobility”, demikian disampaikan Penanggungjawab Program, Nurul Isnaeni.

Menurutnya, tahun depan rombongan mahasiswa FISIP UI diharapkan dapat melakukan kunjungan balasan, dan belajar banyak tentang dinamika pembangunan di Malaysia.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UI, Prof. Semiarto Aji Purwanto, menyambut baik harapan agar UI bergandengan tangan dengan Pemkot Depok.

“Bagaimanapun kampus UI berada di wilayah Kota Depok yang semakin dinamis dengan keberadaan warga UI. Oleh karenanya penting bagi Sivitas Akademika UI khususnya FISIP untuk memberikan kontribusinya melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, baik di bidang Pendidikan, riset maupun pengabdian masyarakat,” pungkasnya. (gun/**)