AKTIF : Kelompok PKK RW3 Kukusan usai melaksanakan PJB di wilayahnya. ALDY RAMA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak masyarakat. Pasalnya, penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti ini terbilang mematikan. Karenanya, banyak orang yang sudah kehilangan nyawa, akhirnya Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW3 Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji bergerak.

Laporan : Aldy Rama

RADARDEPOK.COM – Bersenjatakan senter dan sarung tangan, kader PKK RW3 Kelurahan Kukusan begitu jeli melakukan pemantauan di sejumlah wadah penampungan air, apakah ada jentik penyebab DBD di wadah tersebut.

Bukan kader TP PKK saja yang turun tangan, kegiatan ini bekerja sama dengan masyarakat warga RW3, UPTD Puskesmas Tanah Baru, kader Posyandu Flamboyan RW3, Karang Taruna (Katar) unit RW3 dan masih banyak lagi, semua yang ikut terjun membantu demi menjaga kebersihan dan kenyamanan yang ada di lingkungan RW3 Kukusan.

Baca Juga  UI Perlu Kerjasama dengan Depok

Dalam kegiatan yang bergelar, turut hadir Ketua Kelompok TP PKK RW3 Kukusan, Mulyanih mengatakan, kegiatan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) juga bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Tanah Baru guna Penyelidikan Epidemiologi (PE).

“Karena beberapa waktu lalu warga kami sempat ada yang terkena penmyakit DBD, maka dari itu PJB dan PE dilakukan, dengan harapan PJB yang bergelar tidak sia-sia. Kami memeriksa wilayah yang lembab, sekiranya yang menjadi tempat sarang nyamuk,” ungkap Mulyanih.

Kegiatan pun membuahkan hasil, sejumlah kader berhasil menemukan jentik nyamuk di salah satu rumah warga yang berada di Jalan Kabel, RT4/3, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, dengan pemilik rumah yakni Mulyadi di tempat air yang menggenang.

Baca Juga  Sekcam Sukmajaya Berkantor di Kelurahan

“Solusi ke depannya, kami memberikan penyuluhan dan pengarahan agar menjaga kebersihan minimal di rumah masing-masing agar selalu menjaga kebersihan, karena kebersihan itu penting, apalagi demi kesehatan,” tuturnya.

Dari temuan tersebut, Kelompok TP PKK RW3 Kukusan menyerahkan hasil temuannya ke UPTD Puskesmas Tanah Baru untuk dilakukan PE, untuk memperjelas temuan tersebut.

“Hasil LAB PE dari Puskesmas menentukan, temuan jentik nyamuk tersebut adalah Aedes Aegypti yang menyebarkan penyakit DBD,” demikian Mulyanih. (*)

Editor : Ricky Juliansyah