sumur bandung
GAPURA : Sebagai tanda bahwa sudah memasuki kawasan Sumur Bandung, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

Legenda soal Sumur Bandung ternyata tidak hanya terdapat di Kota Bandung saja. Karena di Depok juga ada tempat dengan sebutan serupa yang terletak di Taman Induk, Cipayung, Depok. Kisah Sumur Bandung di Depok dimulai dari cerita-cerita turun temurun masyarakat sekitar mengenai sebuah mata air yang berada pada sela-sela akar pohon besar.

Laporan : Andika Eka Maulana

RADARDEPOK.COM, Suasana yang begitu teduh, Matahari sore yang di halangi pepohonan besar membuat tempat ini begitu sejuk untuk tempat duduk-duduk santai bersama keluraga atau teman-teman di dalam kawasan Sumur Bandung.

Sesudah memasuki Jalan Sumur Bandung, terlihat dari kejauhan sebuah gapura yang bertuliskan Taman Sumur Bandung, Cipayung Depok yang di atas gapura itu terdapat dua patung Macan yang sedang berhadapan.

Baca Juga  Kisah Yuliawati, Pelaku Usaha dari Limo, Kota Depok (1) Ubah Ring Gelas Plastik Menjadi Barang Multiguna

Tidak jauh dari gapura tersebut, akan di sambut oleh gerbang dan pohon besar sebelum memsuki memasuki kawasan Sumur Bandung di iringi lalu lalang anak-anak sekitar yang sedang bermain dengan gerombolanya.

Saat sudah memasuki kawasan Sumur Bandung terlihat ramai pengunjung, berbagai aktifitas yang mereka sedang lakukan mulai dari berfoto-foto sambil menikmati keunikan tempat tersebut sampai bercanda gurau di setiap gubuk yang di sediakan.

Setelah memarkirkan kendaraan, lalu menuruni sebuah tangga dan di sambut oleh empat orang yang sedang bercanda gurau dan ternyata salah satu orang tersebut adalah istri dari penjaga tempat Sumur Bandung itu.

Kalau mau wawancara terkait tempat ini sama suami saya, tetapi sedang bekerja kalau mau besok pagi atau sama yang lain juga mengerti tempat ini,” ujar Istri Seorang penjaga Sumur Bandung.

Baca Juga  Divonis Satu Tahun, Jaksa Banding

Saat di temui tempat terpisah, pemerhati sejarah, Komarudin menjelaskan awal Sumur Bandung itu adalah satu tempat petilasan dari pada leluhur dari banyak penjuru dan para tokoh yang menurut informasi yang di dapat, tempat itu dijadikan tempat pertemuan untuk membahas berbagai macam hal kenegaraan dan keagamaan.

Petilasan bagi ulama ulama besar seperti syech dan juga tokoh-tokoh lainya,” ujar Komarudin.

Menurut Komarudin, dengan sering di datangi para ulama-ulama besar, tempat ini terbilang banyak Karomah.

Pernah mendatangi tempat itu bersama teman sekaligus sebagai praktisi supranatural, Lalu beliau melakukan meditasi dan komunikasi kepada leluhur yang ada di situ dan hasilnya memang aura dan karomah yang ada di tempat itu sangat luar biasa,” ucapnya.

Baca Juga  Ungkap Kasus Eksploitasi Seksual Anak di Jakbar, KPAI Apresiasi Polda Metro Jaya

Komarudin mengatakan, tempat ini memiliki memiliki daya ketertarikan secara spiritual dan dari pandangan mata secara umum. “Secara spiritual memiliki daya tarik dari karomah sedangkan pandangan mata umum memiliki keunikan tempat yang jarang bisa dilihat,” ungklapnya.

Dalam keunikan pandangan mata umum karena Sumur Bandung memiliki sumber mata air yang bagus serta air yang sangat jernih yang bersumber dari sebuah pohon besar yang sangat istimewa.

Temapat ini sangat luar biasa memiliki keunikan tersendiri yang membuat daya tarik bagi pengunjung yang datang ke Sumur Bandung,” tutupnya. (Bersambung)

Editor : Junior Williandro