hiv
PRESENTASI : Pegiat HIV/Aids di Kota Depok, Erdyansyah ketika memberikan pemaparan saat masih bergabung dengan KPAN.
yamaha-nmax

Perjuangan Erdyansyah dalam merambas kembali hak pengidap HIV dan Aids di Kota Depok terus bergulir. Setelah komunitas yang mewadahinya berbalik arah. Dia memutuskan untuk hengkang dan mendirikan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Hitam Putih.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, Beberapa tahun lalu, wajah pria dengan postur yang tidak terlalu besar itu mulai sedikit murung. Pasalnya, komunitas yang digandrunginya sudah tak sejalan lagi. Mereka telah berbalik arah. Hal itu yang kemudian membuat Erdyansyah memilih hengkang.

Masih membekas di kepala Erdy tentang pengalaman tidak mengenakan di Tahun 2016 silam. Betapa tidak, komunitas yang dicintainya telah berubah menjadi sebuah yayasan kemudian, yayasan itu menerima pendanaan.

Baca Juga  Alhamdulillah, Perawatan Biaya Kesehatan Korban Pembacokan Suami Dijamin Pemkot Depok

“Saya merasa arah perjuangan sudah mulai keluar dari rencana yang kami cita-citakan bersama,” tutur Erdy kepada Radar Depok, Kamis (6/10).

Bersama istri yang setia menemaninya, Erdy melakukan terobosan dengan membuat KDS Hitam Putih. Komunitas itu dibuat bukan untuk menandingi komunitas sebelumnya. Melainkan, untuk melanjutkan cita-citanya yang sempat berubah arah.

“Di KDS Hitam Putih saya lebih memilih menjadi anggota saja, karena masih ada kekecewaan dalam hati pada pengalaman sebelumnya, kemudian saya direkrut menjadi Pendukung Sebaya (PS) oleh lembaga Female Plus yang berkedudukan di Kota Bandung, tapi saya tetap menjadi PS untuk wilayah Kota Depok,” urainya.

Pada posisi baru dalam hidupnya, Erdy lebih menikmati pekerjaannya sebagai PS. Sebab, disitulah dia bersentuhan langsung dengan sahabat-sahabat sebaya. Terutama, mereka yang baru mengetahui status HIV mereka.

Baca Juga  Promo Nyalakan Kemerdekaan PLN Berikan Diskon Gede - Gedean

“Saya bisa sedikit membagikan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki kepada mereka,” tuturnya.

Dari KDS Hitam Putih, dia mulai kembali eksis dalam Program penanggulangan HIV di Kota Depok. Bahkan, sekarang ini komunitasnnya sudah merambah masuk ke Rutan Kelas I Depok.

“Kami membantu menjembatani pihak Rutan dengan Dinkes Kota Depok dalam bidang pemenuhan hak atas kesehatan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Depok,” terang Erdy.

Saat pandemi Covid-19 melanda, KDS Hitam Putih mencoba mencari hal yang dapat dilakukan kepada masyarakat disekitar Sekretariat KDS Hitam Putih yang membutuhkan bantuan ditengah kesulitan yang melanda.

“Kami ingin membuktikan secara nyata bahwa orang dengan HIV pun masih bisa bermanfaat bagi orang lain, yang secara tidak langsung itu akan mengikis Stigma dan Diskriminasi ditengah-tengah masyarakat yang awam,” tutup Erdy. (Bersambung)

Baca Juga  Bangkai LRT Dievakuasi Enam Jam, Tol Jagarowi Dibuka TutupĀ 

Editor : Junior Williandro