Merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen dari Program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta  melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) bekerjasama dengan PKK RW 09 Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur.
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Dalam rangka merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen dari Program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta  melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) bekerjasama dengan PKK RW 09 Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur melalui pelatihan dengan tema : “Alih Teknologi Tepat Guna Untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan”

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan  dan keterampilan masyarakat terkait bidang Biologi antara lain, pembuatan pupuk kompos organik dari  limbah rumah tangga, pemanfaatan limbah minyak jelantah  dalam pembuatan sabun cuci tangan dan kreasi makanan menggunakan olahan susu.

Sasaran kegiatan adalah masyarakat khususnya yang tergabung dalam kelompok PKK dan Dasa wisma di RW 09 Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur. Hal ini sesuai dengan pernyataan Rektor UNJ  Prof. Dr. Komarudin, M.Pd dan Ketua LPPM UNJ Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si bahwa kegiatan P2M  dapat dilakukan di wilayah Jakarta, Bogor , Depok  dan sekitarnya, serta di wilayah binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNJ.

Baca Juga  Anti Korupsi dan Masa Depan Indonesia – Adakah Peran Kita?

Kegiatan dilaksanakan dalam  3 kali pertemuan  secara luring (tatap muka)  yaitu tanggal 10 Agustus 2022, dilanjutkan monitoring praktek tanggal 15 September 2022  dan packing produk hasil pelatihan tanggal 3 Oktober 2022.

Pada pelatihan ini diberikan  tiga  topik materi yaitu tentang Pembuatan Pupuk Kompos Organik  yang disampaikan oleh  Dr. Ratna Komala, M.Si  dengan Tim (Dr. Diana Vivanti S, M.Si dan M. Isnin Noer, M.Si, Anandhita Arnelya, Mega Putri, Dwi Ayu, Reza Ristiana, Rahadian Ajeng ) , dilanjutkan materi tentang   pemanfaatan limbah minyak jelantah untuk pembuatan sabun cuci tangan  oleh Sri Rahayu, S.Kep, M. Biomed dengan Tim (Dr. Supriyatin, M.Si, Tania Sulfiani, Siska Aprilia, Miladya Samsu)   dan  Kreasi makanan dari  produk olahan susu fermentasi  oleh Dr. Tri Handayani Kurniati, M.Si dengan  Tim (Annisa Wulan Agus Utami,S.Si, M.Si, Achmad Nabil, Aranty Fahira).

Baca Juga  Voters Harus Cerdas Memilih Ketua Askot PSSI Depok 2018-2022

Kegiatan P2M ini dihadiri oleh 30 peserta  perwakilan dari  kelompok PKK dan Dasa Wisma.  Bapak Zulfiandi, selaku ketua RW 09  Jakarta Timur menyambut baik kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warganya  demikian juga Ibu Dra. Suhartati, selaku Ketua PKK    sangat mengapresiasi kegiatan ini  karena materi-materi yang diberikan sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Seluruh rangkaian kegiatan  ini berjalan dengan baik dan lancar ,  peserta  sangat antusias mengikuti dari awal sampai akhir kegiatan . Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan pertanyaan yang disampaikan, karena  menurut peserta merupakan pengetahuan  baru. Dari hasil analisis post test rata-rata peserta menunjukkan peningkatan pengetahuan lebih dari 80 % dibandingkan saat pretest. Digawangi oleh Ibu Upik Ilzana, kegiatan praktek yang dilakukan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu  dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga  Polresta Depok: Audit BPKP Nangka Segera Keluar

Tim PKM dan pengurus RW 09  menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasamanya yang baik dan berharap kerjasama ini akan terus berlanjut karena kegiatan P2M ini merupakan kegiatan rutin Fakultas yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen, yang tentunya bisa juga dilakukan di beberapa wiayah Jabodetabek.(rd)