PERINGATI : Bertepatan dengan Hari Bantik Nasional, seluruh siswa di sekolah Jalan Meruyung Raya No3 RT4/1 Kelurahan Meruyung, Limo Kota Depok mengenakan pakaian khas Indonesia itu, Senin (3/10). ISTIMEWA
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Ada pemandangan berbeda di SD Muhammadiyah Meruyung, Kota Depok. Senin (3/10), bertepatan dengan Hari Bantik Nasional, seluruh siswa di sekolah Jalan Meruyung Raya No3 RT4/1 Kelurahan Meruyung, Limo Kota Depok mengenakan pakaian khas Indonesia itu. Satu hari pakai batik itu guna memperkenalkan kepada siswa budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui dunia.

Kepala SD Muhammadiyah Meruyung, Ade Irma Gunawan mengatakan, memakai batik secara serentak merupakan refleksi  sikap dan rasa kecintaan terhadap batik. Sebagai salah satu karya asli bangsa Indonesia yang juga merupakan salah satu ciri khas budaya bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah kali ini kami dapat  memperingati hari Batik Nasional tahun 2022 dengan mewajibkan seluruh siswa memakai baju batik. Meski dengan corak dan motif bebas sesuai dengan selera yang dimiliki siswa. Kami  berharap kebijakan ini dapat dioptimalkan sebagai ajang memperkenalkan batik kepada siswa,” ujar Ade Irma Gunawan kepada Harian Radar Depok, Senin (3/10).

Baca Juga  Door to Door, KPU Kota Depok Verfak Sembilan Parpol

Salah satu tenaga pendidik SD Muhammadiyah Meruyung, Teddy Purba mengaku, bangga dan terharu saat melihat para siswa serentak memakai baju batik. Dia berharap kebijakan sekolah mewajibkan siswa memakai batik secara serentak pada Senin (3/10), dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap batik. “Batik notabene menggambarkan ciri khas bangsa Indonesia,” katanya.

Muhammad Haikal, salah satu siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Meruyung mengaku, senang dengan kebijakan sekolah yang mewajibkan siswa memakai baju batik dengan corak berbeda beda. “Seneng aja, semua pake baju batik tapi corak baju dan warnanya enggak sama, kelihatan jadi berwarna warni,” seloroh  Haikal.

Tak hanya para siswa, orang tua murid pun mengaku senang dan sangat mendukung kebijakan sekolah mengharuskan siswa memakai batik. Ini sebagai implementasi peringatan hari Batik Nasional tahun 2022.

Baca Juga  Pramugari Seksi dari 5 Maskapai Penerbangan, Ada yang Berbikini

“Kebetulan saya suka dengan batik, suami saya juga suka dengan pakaian batik. Makanya waktu anaknya bilang disuruh pakai baju batik pada Senin, saya langsung carikan anak saya baju batik terbaik untuk dipakai pada peringatan hari Batik Nasional tahun 2022 disekolahnya,” ujar Eka Apriyanti salah satu orang tua murid SD Muhammadiyah Meruyung.

Eka berharap, kebijakan memakai baju batik secara serentak pada peringatan hari Batik Nasional tahun ini, dapat meningkatkan minat anak, untuk menggemari pakaian jenis batik. “Motif dan corak batik sekarang sudah sangat variatif, makanya anak anak sekarang banyak yang suka dengan baju batik,” tandasnya.(ama/rd)

Jurnalis : Aldy Rama 

Editor : Fahmi Akbar