LOKASI : Tempat diselenggarakan Festival Depok Keren (FDK) Keriyaan Bojongsari, yang akan berlangsung 2-4 Desember, di Taman Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Rabu (23/11).
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Festival Depok Keren (FDK) Keriyaan Bojongsari akan berlangsung 2-4 Desember mendatang, Rabu (23/11). Persiapan sematang-matangnya dari panitia dilakukan agar perhelatan yang berlangsung tiga hari tersebut berjalan mulus, diselenggarakan di Taman Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari.

Ketua Panitia Pelaksana, Saidih Dokih mengatakan, persiapan sebelum FDK Keriyaan Bojongsari berlangsung, dari segi kepanitiaan harus matang terlebih dulu.

“Kami sudah tiga kali mengadakan pertemuan dengan pengurus lingkungan setempat, untuk memaksimalkan agar perhelatan berjalan dengan lancar. Karena, bagaimanapun juga acara yang bergelar nantinya membawa nama kelurahan. Untuk itu, semua unsur masyarakat maupun kelurahan kami libatkan,” tuturnya.

Dokih mengungkapkan, FDK Keriyaan Bojongsari sudah dirancang sekitar dua bulan lalu. Namun hanya berbentuk wacana saja.

“Sebulan kemudian, upaya untuk mewujudkan perhelatan akbar tersebut dilakukan dengan persiapan sematang-matangnya,” ungkap Dokih.

Baca Juga  Rektor UPNVJ Beri Penghargaan Mahasiswa Pemenang PON XX Papua-Komcad di Peringatan Sumpah Pemuda

Dari pertemuan-pertemuan yang sudah dilakukan, kata Dokih, terbentuklah agenda seperti bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pentas seni, senam sehat, berbagai perlombaan, live musik dan masih banyak lagi.

“FDK Keriyaan Bojongsari yang berlangsung nanti, setidaknya dalam sehari kami menginginkan 500 pengunjung yang meramaikan, baik masyarakat luar maupun Bojongsari, mengingat agenda tiga hari yang berlangsung mendatang dapat dinikmati oleh semua kalangan,” jelasnya.

Sementara, Kasi Ekbang Kelurahan Bojongsari, Agus Harto Sasongko mengungkapkan, konsep awal dari FDK Keriyaan Bojongsari bertujuan untuk membangun bersama masyarakat sekitar, terutama Bojongsari.

“Saya berkoordinasi dengan semua stakeholder yang ada di Kelurahan Bojongsari, dengan menentukan konsep ‘Dari Kita untuk Kita’ dalam FDK Keriyaan Bojongsari mendatang,” ucapnya.

Pada hari pertama, kata Agus, pembukaan acara dilakukan dengan palang pintu. Dilanjut penampilan dari berbagai kesenian, seperti pencak silat, tari-tarian dan lain sebagainya hingga berlanjut pada malam harinya.

Baca Juga   RW20 Cimpaeun Hias Gerbang Keamanan Sambut Kemerdekaan

“Hari kedua, agenda diisi dengan berbagai macam lomba. Terdiri dari lomba senam sehat, mewarnai untuk 50 anak, Fashion Show tingkat anak mengenakan pakaian daerah kategori laki-laki dan perempuan. Dilanjut pada malam hari, penampilan live musik dan hadroh turut meramaikan pada hari kedua,” ungkapnya.

Agus mengatakan, pada hari terakhir akan ditutup dengan tradisi kearifan lokal berupa rantangan. Jadi, seluruh RT/RW yang ada diwajibkan untuk berpartisipasi dengan membawa minimal lima pasangan suami istri.

“Nantinya, masyarakat sekitar berkumpul dan makan bersama dalam tradisi kearifan lokal tersebut. Ditambah lagi dengan penampilan kesenian-kesenian daerah, pada malam puncak acara,” ucap Agus.

FDK Keriyaan Bojongsari yang berlangsung turut diramaikan dengan bazzar UMKM, ucap Agus, dengan total sekitar 55 stan yang dibangun.

Baca Juga  UI Menang Best Studen Presntation Dalam International Confrence ** Bahas Topik Remaja dan Perubahan Iklim

“40 stan dikhususkan untuk UMKM Kelurahan Bojongsari, dan 15 stan untuk UMKM Bojongsari Maju Bahagia dan Optimis (BOMBASTIS). Penggiat UMKM cukup dikenakan biaya Rp150 ribu untuk tiga hari selama kegiatan berlangsung, dengan fasilitas listrik dan meja yang diberikan,” tutupnya. (ama)

GRAFIS :

Tentang :

  • Persiapan FDK Keriyaan Bojongsari

Lokasi :

  • Taman Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari

Kegiatan berlangsung :

  • 2-4 Desember

Persiapan dilakukan :

  • Pertemuan tiga kali dengan pengurus lingkungan

  • Dirancang dua bulan lalu

Agenda :

  • Berbagai lomba

  • Bazzar UMKM

  • Pentas seni

  • Senam sehat

  • Live musik

Agenda ditujukan :

  • Dinikmati semua kalangan

Target pengunjung :

  • 500 orang sehari

Tujuan :

  • Membangun bersama masyarakat sekitar, terutama Bojongsari.

Konsep :

  • Dari kita untuk kita

UMKM :

  • 55 stan

  • Biaya Rp150 ribu (3 hari)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Ricky Juliansyah