Profil Timnas Serbia
Timnas Serbia. FOTO: IST/NET
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, QATAR — Serbia adalah salah satu wakil Eropa di Piala Dunia 2022. Ditopang pemain-pemain top yang mayoritas berkarier di Serie A Italia, kekuatan Serbia tak bisa diremehkan.

Serbia lolos dari kualifikasi zona Eropa sebagai juara Grup A. Serbia sanggup menjuarai grup yang juga dihuni oleh tim sekuat Portugal. ‘Berkat’ Serbia, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sampai harus terlebih dahulu berjuang di babak play-off sebelum memastikan kelolosan mereka ke Qatar.

Tim besutan Dragan Stojkovic ini berada satu grup dengan Brasil, Swiss, dan Kamerun di Grup G. Ini grup yang berat, tetapi mereka diprediksi bakal mampu bersaing di sana.

Sebelum menyaksikan kiprah Serbia di Piala Dunia 2022, mari simak dahulu profil tim dan daftar pemainnya.

Pemain Bintang: Sergej Milinkovic-Savic

Baca Juga  Usai Ferdy Sambo, Giliran Kompol Chuk Putranto Dipecat dari Polri

Gelandang Lazio yang berpostur 1,91 meter, ini merupakan pemain serbabisa. Pemain berusia 27 tahun itu didekati sejumlah klub besar setelah mencetak 11 gol dan 12 assist untuk Lazio musim lalu.

Namanya bahkan disandingkan dengan Zinedine Zidane, tetapi dia menolaknya. “Saya tersanjung, tetapi saya melihat diri saya lebih sebagai Yaya-Toure,” ujar pemain yang membawa Serbia U-20 menjadi juara Piala Dunia U-20 2015 dengan mengalahkan Brasil itu.

Milinkovic-Savic membukukan 34 caps dan enam gol bagi Timnas Serbia. Sosoknya serupa dengan Luka Modric di Kroasia, tetapi Milinkovic-Savic jago dalam duel satu lawan satu maupun duel udara.

Profil Pelatih: Dragan Stojkovic

Dragan Stojkovic adalah mantan gelandang timnas Yugoslavia dan pernah bermain untuk klub besar seperti Red Star Balgrade hingga Marseille. Sebelum pensiun, dia memutuskan mengakhiri karier di klub Jepang, Nagoya Grampus Eight.

Baca Juga  Sri Mulyani Pimpin Menteri Keuangan se-Dunia

Setelah pensiun pada 2001, dia langsung melanjutkan karier menjadi pelatih dan menangani Nagoya Grampus (2008-2015) hingga klub China, Guangzhou R&F (2015-2021). Baru pada 2021 Federasi Sepak Bola Serbia memintanya melatih timnas.

Kematangan sebagai seorang gelandang membuatnya cerdik menerapkan strategi yang jitu bagi Serbia. Berkat taktik jitunya, Serbia bahkan mampu membuat Portugal tidak berkutik di babak kualifikasi.

Skuad Resmi untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Marko Dmitrovic (Sevilla), Predrag Rajkovic (Mallorca), Vanja Milinkovic-Savic (Torino).

Belakang: Stefan Mitrovic (Getafe), Nikola Milenkovic (Fiorentina), Strahinja Pavlovic (RB Salzburg), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Filip Mladenovic (Legia Warsaw), Strahinja Erakovic (Red Star Belgrade), Srdjan Babic (Almeria).

Tengah: Nemanja Gudelj (Sevilla), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Sasa Lukic (Torino), Marko Grujic (Porto), Filip Kostic (Juventus), Uros Racic (Braga), Nemanja Maksimovic (Getafe), Ivan Ilic (Hellas Verona), Andrija Zivkovic (PAOK), Darko Lazovic (Hellas Verona).

Baca Juga  Grup H Piala Dunia 2022: Profil Timnas Uruguay, Tak Bisa Dipandang Remeh

Depan: Dusan Tadic (Ajax), Aleksandar Mitrovic (Fulham), Dusan Vlahovic (Juventus), Filip Duricic (Sampdoria), Luka Jovic (Fiorentina), Nemanja Radonji (Torino).

Road to Qatar

Serbia tidak terkalahkan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa atau UEFA. Padahal mereka tergabung bersama tim kuat Portugal, lalu ada Republik Irlandia, Azerbaijan, dan Luksemburg di Grup A.

Dari delapan laga yang Orlovi (Elang) mainkan, mereka meraih enam kemenangan dan dua kali imbang serta mengumpulkan 20 poin. Serbia berhasil mempermalukan Portugal dan menjadi juara Grup A untuk lolos langsung ke Qatar. (bln/rd/net)