Profil Timnas Ghana
Timnas Ghana. FOTO: IST/NET
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, QATAR — Absen di Piala Dunia 2018, Ghana memastikan diri kembali lolos ke Piala Dunia 2022. Di edisi Qatar ini, The Black Star bertekad melaju jauh di turnamen empat tahunan ini.

Meski baru bermain di tiga edisi Piala Dunia, Timnas Ghana memiliki rekor yang bagus yakni sekali ke perempat final, sekali ke 16 besar dan gagal lolos dari penyisihan grup pada 2014. Bahkan mereka hampir saja ke semifinal pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Sayangnya langkah Ghana mandek di perempat final karena ulah Luis Suarez dan penalti gagal Asamoah Gyan. Setelah absen pada edisi sebelumnya, kini Ghana akan tampil lagi di Piala Dunia 2022 atau edisi keempat bagi mereka.

Negara yang menghuni peringkat 60 FIFA tersebut butuh perjuangan ekstra keras dan keberuntungan untuk mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022. Di Qatar nanti, mereka berada di Grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan.

The Black Stars kini telah menemukan pemain hebat pengganti Michael Essien, Sulley Muntari dan Asamoah Gyan untuk terbang ke Qatar. Sebelum melihat aksi mereka di Piala Dunia 2022, simak dahulu profil Timnas Ghana.

Baca Juga  Istri Lahiran, Kapten Swedia Tetap di Rusia

Pemain Bintang: Mohammed Kudus

Penggemar game Football Manager tentu mengenal sosok Mohammed Kudus sebagai wonderkid yang layak dibeli. Pemain yang kini berusia 22 tahun itu telah bergabung bersama Ajax Amsterdam dan digadang-gadang jadi calon gelandang.

Mohammed Kudus membukukan 52 laga dan mencetak 12 gol serta membantu Ajax Amsterdam dua kali meraih gelar Liga Belanda dan sekali Piala Belanda. Warga Ghana menaruh harapan besar kepada penerus Michael Essien ini.

Kudus yang mulai debut di tim senior Ghana sejak 2019 sudah menjalani 16 laga dan mencetak lima gol bersama Black Stars. Dia kini menjadi pemain reguler Ghana meski awalnya sempat dibekap cedera saat kualifikasi Piala Dunia 2022.

Profil Pelatih: Otto Addo

Otto Addo termasuk dalam pelatih debutan yang bakal memimpin Ghana berlaga di Piala Dunia 2022. Dia sebelumnya merupakan asisten pelatih Ghana yang saat itu dibesut pelatih asal Serbia, Milovan Rajevac.

Baca Juga  Kena Rotasi Kepsek, Purnomo Dapat Kejutan dari SMPN 2 Depok

Federasi Sepak Bola Ghana akhirnya memutuskan memecat Milovan Rajevac karena Ghana tersingkir cepat pada Piala Afrika 2021 awal tahun ini. Otto Addo yang sebenarnya hanya pelatih sementara akhirnya menjadi pelatih kepala yang bakal memimpin Ghana di Piala Dunia 2022.

Hal tersebut karena Otto Addo yang mampu membawa Ghana akhirnya lolos ke Qatar usai menghadapi dua laga penentuan melawan Nigeria. Dia telah memimpin enam laga Ghana selama tahun 2022 ini dan mampu meraih sekali menang, tiga imbang dan dua kali kalah.

Skuat Resmi Ghana di Piala Dunia 2022

Kiper: Lawrence Ati-Zigi (St Gallen), Danlad Ibrahim (Asante Kotoko), Abdul Manaf Nurudeen (Eupen).

Belakang: Joseph Aidoo (Celta Vigo), Daniel Amartey (Leicester City), Alexander Djiku (Racing Strasbourg), Tariq Lamptey (Brighton & Hove Albion), Gideon Mensah (Auxerre), Denis Odoi (Club Bruges), Baba Rahman (Reading), Mohammed Salisu (Southampton), Alidu Seidu (Clermont).

Tengah: Mohammed Kudus (Ajax), Daniel-Kofi Kyereh (Freiburg), Elisha Owusu (Gent), Thomas Partey (Arsenal), Salis Abdul Samed (Lens).

Baca Juga  Pemain Tertua di Piala Dunia 2018

Depan: Daniel Afriyie (Hearts of Oak), Andre Ayew (Al Sadd), Jordan Ayew (Crystal Palace), Osman Bukari (Red Star Belgrade), Issahaku Abdul Fatawu (Sporting Lisbon), Antoine Semenyo (Bristol City), Kamal Sowah (Club Bruges), Kamaldeen Sulemana (Rennes), Inaki Williams (Athletic Bilbao).

Road to Qatar

Ghana harus berjuang alot demi mendapatkan tiket untuk berlaga di Piala Dunia keempat. Pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ghana tergabung di Grup G bersama Afrika Selatan, Ethiopia, dan Zimbabwe.

Dari enam laga, Ghana menang empat kali, sekali imbang dan sekali kalah serta mengoleksi 13 angka. Angka yang dikumpulkan Ghana serta selisih golnya serupa dengan Afrika Selatan, tetapi The Black Stars lebih beruntung karena lebih produktif mencetak gol.

Setelah jadi juara grup dan lolos ke babak selanjutnya, Ghana lagi-lagi menghadapi lawan sulit yakni Nigeria. Setelah dua laga, agregat keduanya sama kuat 1-1, namun Ghana berhak ke Piala Dunia 2022 karena aturan gol tandang saat menahan imbang 1-1 tuan rumah Nigeria. (bln/rd/net)