PELEPASAN : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono melepas para relawan Depok Peduli di halaman Balaikota pukul 12:30 WIB, Kamis (24/11). PUTRI AISYAH/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak tinggal diam melihat Kabupaten Cianjur diterpa gempa. Kamis (24/11), bala bantuan  berupa relawan dan logistik diberangkatkan ke Kota Santri sekira pukul 12:30 WIB. Menariknya, dari hasil ngecrek di lingkungan Pemkot Depok berhasil mengumpulkan Rp491.285.000.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, sejumlah 60 relawan dari berbagai unit yang tergabung dalam Relawan Depok Peduli, dikirim dalam bencana tepatnya di Desa Parigi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. “Dari berbagai unit ada Damkar, PMI, RSUD, Dinas Sosial, Baznas, Pramuka dan juga PDAM,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (24/11).

Dia menambahkan, para relawan juga membawa 435 paket sembako, alat medis, obat-obatan, bantuan pangan, nonpangan seperti selimut hingga kendaraan yang akan beroperasional. “Salah satunya berupa susu, bubur makanan bayi, air mineral, pampers anak dan dewasa, kantung jenazah, kain kafan, cangkul, dan lainnya,” ucap Imam.

Baca Juga  Mega Watch Depok: Garansi hingga Sepuluh Tahun

Imam menjabarkan, paket yang dikirim terdapat dari beberapa program seperti D’Sabr, seluruh para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan medis habis pakai. “Dari D’Sabr Rp63.900.000, dari ASN Rp427.385.000, dan medis sebanyak Rp67.562.876,” jelasnya.

Rangkaian kendaraan yang akan diberangkatkan sejumlah 20 unit, guna melakukan operasional dalam kebutuhan bencana tersebut. Rinciannya yang hari ini (Kemarin) diberangkatkan, 3 unit kendaraan mobil dan 2 motor PMI, 1 truk tanki air, 2 kendaraan PDAM, 1 truk dapur umum, 1 mobil rescue, 2 truk transportasi logistik melalui Satpol PP, serta 1 unit mobil komando dari Baznas dan 1 unit mobil komando dari Damkar.

Tak hanya itu, kata Imam, Pemkot Depok ikut serta melibatkan beberapa tenaga medis seperti, satu Dokter Bedah, satu Dokter Anastesi, dua Dokter Umum, dan empat Perawat. “Mereka juga membawa 2 unit ambulan, obat-obatan barang medis habis pakai, cairan infus, alat bedah minor, susu bayi, pampers dan selimut,” terangnya.

Baca Juga  Punya Pabrik dan Baterainya, Ridwan Kamil Tegaskan Jawa Barat Paling Siap Pakai Mobil Listrik

Sementara, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok ikut membantu evakuasi korban gempa di Kabupaten Cianjur. Selain mengirimkan petugas, mereka juga membawa beberapa peralatan untuk melakukan pertolongan.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo Hutahuruk mengatakan, ada dua jenis peralatan yang pihaknya bawa ke lokasi gempa terdiri dari dua jenis. Pertama peralatan traffic accident meliputi spreader cutting, cutting, manual cutting, ram jack telescopis hydraulic dan satu set lifting bag flat, tabung scuba, rotari saw, chainsow, paratek, holigan tool, compressor pengisian tabung. Serta hydraulic compressor.  “Peralatan ini berguna untuk menolong dan menyelamatkan warga yang terkena musibah di segala tempat,” katanya, Kamis (24/11).

Baca Juga  Melihat Pemanfaatan Taman Elok Duren Seribu

Yang kedua, lanjut dia, yaitu peralatan vertical rescue. Di antaranya, strecher basket, tripod, tapi karmantel, cara biner. Dan full body harnes untuk melakukan pertolongan pada wilayah bencana yang memiliki kontur yang miring seperti tebing. “Peralatan akan dibawa hari ini berbarengan dengan Tim Depok Peduli Gempa Cianjur. Rencananya peralatan ini akan digunakan di lokasi bencana selama lima hari,” tutupnya.(mg8/rd)

Jurnalis : Putri Aisyah

Editor : Fahmi Akbar