disabilitas
LATIH : Dinsos Depok memberikan pelatihan membatik Kepada anak disabilitas di YPLB Kecamatan Beji.
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOKKepedulian Pemkot Depok akan nasib kaum disabilitas tidak main-main. Kali ini, ada sejumlah upaya yang dilakukan untuk memberikan ketrampilan tambahan bagi kaum disabilitas. Salah satunya, lewat pelatihan membatik.

Kepala Dinsos Kota Depok Asloeah Madjri mengatakan, baru-baru ini, pihaknya telah memberikan pelatihan membatik di Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) Nusantara, Kecamatan Beji selama dua hari.

“Kegiatan ini adalah pembekalan bagi mereka karena banyak manfaat dalam membatik. Selain melatih kesabaran serta percaya diri, juga untuk meningkatkan prestasi dan bekal agar mandiri di keluarga maupun kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya

Asloeah menerangkan, pelatihan membatik merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam pemenuhan hak-hak anak penyandang disabilitas.

Baca Juga  Makin Jeli, E-Tilang Ditambah Empat Titik

“Bahkan, kegiatan ini bisa menjadi ajang eksplorasi kemampuan para peserta dalam membatik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita membeberkan, 25 anak penyandang disabilitas itu berasal dari YPLB Nusantara.

Adapun, mereka merupakan penyandang disabilitas Runggu Wicara, Daksa, Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan Autisme.

“Kami bekerja sama dengan narasumber dari batik Tradjumas. Mereka melatih membantik dengan teknik yang paling dasar untuk anak-anak disabilitas,” tutupnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro