SAJIKAN : Pemilik Kebun Anggur, Rahmat ketika menunjukan anggur dari kebun miliknya. DEASZULVA/RADARDEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM-Anggur merupakan komoditi yang memberikan nilai tambah. Artinya, bisa dikonsumsi sebagai buah segar, jus anggur, minuman (wine), kismis dan lain-lain. Anggur merupakan tanaman yang tumbuh memanjat, yang mempunyai keistimewaan yaitu ranting – rantingnya dapat mengeluarkan buah yang lebat Anggur dapat tumbuh dan dibudidayakan di daerah dingin, subtropis, maupun tropis.

Tanaman anggur tumbuh pertama kali di dataran Eropa, Amerika Utara, Islandia, daerah dingin yang dekat dengan Kutub Utara, Greenland dan menyebar ke Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, anggur lokal dipandang sebagai tanaman yang bernilai komersial

Pemilik Kebun Anggur, Rahmat menjelaskan, awalnya hanya menanam pohon yang tidak berbuah dan hanya sebatas menikmati keindahan tumbuhan tanpa merasakan buahnnya.

Sehingga Rahmat melihat ada seorang teman yang menanam buah anggur ternyata buahnya enak, pohonnya rindang dan tidak hanya menikmati daun dan pohonnya saja tetapi bisa menikmati hasil dan buahnya.

Walaupun anggur kebanyakan tumbuh di Eropa dan di Indonesia tropis agak sulit oleh karena itu Rahmat tertantang bagaimana menanam anggur dan ternyata anggur yang ditanam Rahmat tumbuh dengan baik dengan perawatan yang di perhatikan dengan baik.

Baca Juga  Bikin CV Jadi Menarik untuk Melamar Kerja, Berikut Panduannya

“Awalnya saya hanya menanam pohon yang tidak berbuah dan hanya melihat keindahannya saja tetapi tidak memiliki buah, lalu ada seorang teman yang menanam buah Anggur, ternyata buahnya enak, pohonnya rindang, dan tidak hanya menikmati daun dan pohon saja tetapi memiliki hasil dan buahnya.  Saya merasa tertantang untuk menanam anggur karena kebanyakan anggur tumbuh di Eropa. Ternyata setelah saya tanam hasil nya baik tetapi dengan perawatan yang baik juga,” terangnya kepada Radar Depok.

Menurut Rahmat, menanam buah anggur yang baik dan benar adalah pertama medianya harus bagus karena Anggur tidak suka tempat yang becek dan tidak suka kering karena anggur mencari kelembapan.

Untuk media nya tidak dengan pupuk yang sembarangan. Untuk penanamannya menggunakan pupuk kandang yang harus di fermentasikan terlebih dahulu karena pohon anggur sangat sensitive.

Metode khusus yang digunakan adalah memberikan atap karena pohon anggur tidak terlalu suka terkena air hujan langsung karena jika terkena air hujan langsung daunnya akan rentan rusak dan apa bila terkena air hujan langsung akan terkena hama, lalu akan merusak daunnya jadi diberikan atap.

Baca Juga  BPJS Kesehatan Depok Genjot Anti Gratifikasi dan WBS

Untuk pupuknya, Rahmat memberikan pupuk kandang yang sudah di Fermentasi, serta secara rutin melakukan pengecekan rumput liar yang mengganggu pertumbuhan pohon Anggur.

Untuk jenis yang ditanam oleh Rahmat ada jenis Anggur carnival, Anggur Jupiter, Anggur Coachhella, Anggur Dixon, Anggur Anuta, Anggur transfiguration, Anggur Livia. Menurut Rahmat untuk buahnya yang paling mudah itu jenis Anggur Jupiter tetapi untuk rasa yang lumayan enak yang Rahmat jual adalah Anggur Angelica sedangkan untuk Anggur yang banyak orang cari dan harganya tinggi adalah jenis Shine Muscat.

“Untuk jenis yang ditanam ada jenis Anggur carnival, Anggur Jupiter, Anggur Coachhella, Anggur Dixon, Anggur Anuta, Anggur transfiguration, Anggur Livia. untuk buahnya yang paling mudah itu jenis Anggur Jupiter tetapi untuk rasa yang lumayan enak yang dijual adalah Anggur Angelica sedangkan untuk Anggur yang banyak orang cari dan harganya tinggi adalah jenis Shine Muscat,” ucapnya

Luas lahan yang dimiliki oleh Rahmat adalah seluas 100 meter dan awal mula menanam pohon Anggur Rahmat menanam sebanyak 80 pohon Anggur dan untuk penanaman grounding sebanyak 15 pohon.

Baca Juga  Ini Cara Video Call 8 Orang di WhatsApp

Dalam setahun Rahmat bisa panen maksimal 3 kali minimal 2 kali dalam setahun. Dalam sekali panen Rahmat bisa mendapatkan kurang lebih 5 – 10 kilo. Dan untuk satu kilo buah anggur yang dijual langsung metik dari pohonnya kurang lebih RP 100.000 perkilo.

“Untuk luas lahan 100 meter dan awal mula menanam pohon Anggur sebanyak 80 pohon Anggur dan untuk penanaman grounding sebanyak 15 pohon. Dalam setahun bisa panen maksimal 3 kali minimal 2 kali dalam setahun. Dalam sekali panen bisa mendapatkan kurang lebih 5 – 10 kilo. Dan untuk satu kilo buah anggur yang dijual langsung metik dari pohonnya kurang lebih RP 100.000 perkilo,” tambah Rahmat.

Untuk kalian yang ingin membeli buah anggur bisa melalui wa ‪di nomor 081318003957. Untuk alamat ada dijalan Masjid RT 03, RW 13 Kecamatan Pancoran mas, Depok. (mg4)

Jurnalis : Deas Zulva

Editor : Arnet Kelmanutu