PEMERIKSAAN : Kegiatan Posmaja di Sekretariat RW 8 di samping masjid Al-ikhwan, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos. ANDIKAEKA/RADARDEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM-Posyandu Remaja RW8 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos rutin lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap remaja, hal ini di lakukan untuk memantau kondisi kesehatan remaja fisik maupun mental remaja khusunya di Kelurahan Jatijajar.

Laporan : Andika Eka Maulana

Sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi remaja, pemerintah menghadirkan posyandu remaja untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya.

Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan.

Berkaitan dengan hal ini, posyandu remaja juga menyediakan pelayanan kesehatan, termasuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja.

Meski posyandu remaja biasanya hanya dilaksanakan setiap sebulan sekali, ada banyak manfaat yang dapat diraih dari program ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari posyandu remaja.

Baca Juga  BBWSCC Diminta Turun ke Lazada

Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Jatijajar, Muhammad Rae, mengatakan tujuanya untuk mengetahui kondisi kesehatan remaja terpantau baik kesehatan fisik maupun mental remaja.

“Dengan peran aktif kader remaja sebagai bentuk partisipasi mereka demi peningkatan kesehatan remaja di kelurahan Jatijajar,” ucapnya.

Rae juga mengatakan, Kegiatan ini dilakukan 1 bulan sekali di Sekretariat RW 8 di samping masjid Al-ikhwan dengan menyesuaikan jadwal dari kader remaja itu sendiri. Dikataknya, posyandu remaja yang sejak diresmikan bulan Juli 2022 ini terbuka untuk kelompok sasaran remaja usia 10-18 tahun yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya secara berkelanjutan.

“Untuk mencegah risiko terjadinya masalah kesehatan seperti kejadian penyakit menular maupun penyakit tidak menular dikemudian hari,” ungkapnya.

Baca Juga  Linmas Kelurahan Pondok Petir : Siaga di Kelurahan, Dibagi jadi Tiga Kelompok

Dalam pendaftaran Posmaja ini, dilakukan langsung ditempat, dimana terdapat beberapa kader posyandu remaja yang telah dilatih oleh Puskesmas Jatijajar untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan seperti periksa tekanan darah, gula darah, pemberian pil tambah darah untuk mencegah anemia pada remaja.

“Dan pengukuran berat dan tinggi badan serta pemberian informasi kesehatan dengan media leaflet maupun flyer yang tersedia,” ucapnya.

Rae berharap dengan adanya, posyandu remaja RW8 yang menjadi satu satunya posyandu remaja di Jatijajar bisa tetap dilaksanakan rutin dengan kehadiran remaja yang semakin meningkat baik dari RW8 maupun rw lainnya sehingga menjadi upaya kesehatan remaja dalam memberikan layanan deteksi dini penyakit, konseling kesehatan kelompok remaja sebaya, maupun menstimulasi remaja untuk menerapkan gaya hidup sehat baik untuk dirinya maupun keluarganya.

Baca Juga  Dugaan Korupsi Damkar Depok : Lagi, Kadis Damkar Dipanggil Kejaksaan

“Selain itu, diharapkan akan terbentuknya posyandu remaja di wilayah rw lain sehingga dapat memudahkan akses layanan kesehatan bagi remaja di kelurahan Jatijajar,” tutupnya. (*)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu