semut2
SEKOLAH SEMUT : Beberapa siswa SD Semut-Semut The Natural School di Jalan Industri Kapal Dalam Nomor 25A, Tugu, Kecamatan Cimanggis, sedang beristirahat di salah saung di sekolah tersebut.
yamaha-nmax

SD Semut-Semut The Natural School. Nama yang unik untuk sekolah yang berada di Kota Depok ini. Tidak disangka, semut yang merupakan hewan yang selalu diremehkan dan disingkirkan bagi sebagian orang ini mempunyai filosofi besar bagi kehidupan manusia.

Laporan : Audie Salsabila Hariyadi

RADARDEPOK.COM, Di hari itu, Tuhan Yang Maha Esa merangkai penghuni langit seperti matahari dan awan untuk menjauh satu sama lain. Energi panas yang dikeluarkan dari sang surya sangat kuat sehingga membuat para makhluk hidup ciptaan-Nya seperti terbakar jika berlama-lama di bawah sinar ultraviolet tersebut.

Untungnya kerimbunan dari pepohonan dan tanaman dari SD Semut-Semut The Natural School di Jalan Industri Kapal Dalam Nomor 25A, Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok.

Sejuk dan segar berkat oksigen yang dikeluarkan oleh pohon-pohon dari hasil fotosintesis mereka. SD Semut-Semut The Natural School mempunyai pagar berkayu yang disusun sejajar. Ketika masuk, di sebelah kanan, disambut dengan arsitektur dari kantor administrasi yang berbentuk seperti villa ala Taman Safari. Kemudian, jalan lurus menyusuri tanaman-tanaman hias serta pepohonan di kanan-kiri, sekeliling terdapat banyak tempat duduk maupun permainan outbond.

Baca Juga  Walikota Depok Resmikan Masjid Ilhami Sawangan senilai Rp5,1 miliar

Assalammualaikum Pak Saiyadi,” sapa beberapa siswa yang lewat sembari salim mencium punggung tangan Saiyadi.

Waalaikumsalam. Pada mau ke mana ini?” tanya Saiyadi dengan tangannya yang disalami.

Mau makan pak, abis ini salat Zuhur,” jawab salah satu siswanya.

Yaudah, hati-hati ya, jangan sampe telat,” ucap Saiyadi.

Iya, pak,” jawab siswa tersebut melanjutkan perjalanannya ke kelas.

Kemudian, masuklah Kepala Sekolah, Saiyadi ke ruangannya. Dia juga menyiapkan santap siangnya. Ditemani beberapa stafnya, dia merasakan kilas balik dari sekolah yang namanya unik ini. SD Semut-Semut The Natural School memiliki filosofi mendalam dengan makna nama tersebut. Nama Semut-Semut dipilih karena agar disesuaikan dengan proses pembelajaran di sekolah ini.

Baca Juga  Seleksi CPNS Kota Depok : Tes SKD Tunggu BKN

Nama Semut-Semut diambil karena bisa mencontoh dari sifat semut. Pertama, filosofi semut adalah komunikatif. Semut itu satu sama lain, mereka saling berkomunikasi. Semut kalo ketemu itu kan, seperti berdekatan, memegang, bersalaman, begitu kan, itu komunikasi semut. Artinya, tidak ada semut yang cuek-cuekan, jadi kita berharap, anak-anak yang di sini selalu komunikatif dan berani berbicara dengan siapa saja,” jelasnya seraya menyeruput jus alpukat, Kamis (24/11).

Filosofi kedua dari nama semut adalah kedinamisan dari pergerakan semut. Semut selalu bergerak maju dan visioner. Jika semut berhenti atau diam saja, bisa dikatakan semut tersebut tidak bernyawa. Dia berpendapat bahwa semut yang bergerak ke depan membawa visioner untuk masa mendatang. Diharapkan sekolah menjadi wadah berkembangnya siswa untuk memunculkan calon visioner yang bisa membawa Indonesia bahkan dunia untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga  Warga Bedahan Kenang Jasa Pahlawan

Yang berikutnya, semut itu adalah binatang yang selalu sharing, berbagi. Kalo kita lihat semut lagi makan sesuatu, dia pasti akan bawa tuh dan dia akan bagi-bagi kepada teman-temannya atau ke koloninya. Jadi dari situ, kita juga harus berbagi. Bisa makanan, bisa informasi, dan sebagainya,” lanjut pria kumisan itu.

Selanjutnya, setelah selesai makan, dia mengakhiri kilas baliknya dengan filosofi terakhir. Semut merupakan makhluk hidup yang suka bergotong royong. Seperti penjelasannya tadi, semut adalah jenis serangga yang berkelompok atau berkoloni. Mereka diciptakan untuk saling bekerja sama antar satu sama lain, baik dalam membangun tempat tinggal dan mengangkat makanan besar.… (Bersambung)

Editor : Junior Williandro