PKM URINDO Senam Yoga pada Ibu hamil
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Program Studi Kebidanan Universitas Respati Indonesia (URINDO) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Klinik Bidan Murtafiah, pada 20 November 2022 dengan sasaran ibu hamil. Judul kegiatan ini yaitu "Prenatal Gentle Yoga pada Ibu Hamil dalam Mengurangi Tingkat Kecemasan dan Stress Menghadapi Persalinan". FOTO: ISTIMEWA
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Program Studi Kebidanan Universitas Respati Indonesia (URINDO) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Klinik Bidan Murtafiah, pada 20 November 2022 dengan sasaran ibu hamil.

Judul kegiatan ini, yaitu “Prenatal Gentle Yoga pada Ibu Hamil dalam Mengurangi Tingkat Kecemasan dan Stress Menghadapi Persalinan”.

Kegiatan PKM tersebut, diketuai oleh Fitria Sari dengan anggota Yuna Trisuci Aprillia, Miftahul Jannah, Endang Siti Mawarni juga melibatkan mahasiswa, Nafszaqiyah Desma Putri.

Salah satu anggota kegiatan PKM, Yuna Trisuci Aprillia mengatakan, dalam kegiatan tersebut di fasilitatori oleh Bidan Puspita Maulina, Str.Keb yang sudah berpengalaman pada bidangnya.

Pengmas Urindo Senam Yoga ppada ibu hamil

Diketahui, kegiatan PKM diselenggarakan melalui dana Rencana Kegiatan Anggaran Tahun 2022 (RKAT) URINDO.

Baca Juga  Menkumham Serahkan Sembilan Kekayaan Intelektual ke Polairud

Sementara itu, Ketua Kegiatan PKM URINDO, Fitria Sari menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan PKM tersebut yakni meningkatkan pemahaman dan pengetahuan ibu hamil tentang layanan komplementer yoga ibu hamil.

“Kemudian menghilangkan kecemasan dan stres ibu hamil, sehingga dapat mengubah rasa cemas menjadi energi,” terang Fitria Sari.

Fitria menjelaskan, kegiatan ini memberikan pelatihan tentang terapi komplementer bagi ibu hamil trimester II dan III.

“Program ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan khususnya dalam penerapan bidang keilmuan kebidanan, serta sebagai langkah pengabdian kepada masyarakat bagi dosen di perguruan tinggi juga sebagai upaya promosi kesehatan bagi ibu hamil,” pungkasnya. (**/gun)