WASPADA : Pelatihan Tanggap Bencana yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu 21-23 November 2022, dibina oleh UPT Pemadam Kebakaran dan Dinas Sosial, di Kelurahan Kalimulya. WILDAAPRIYANI/RADARDEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM-Tim relawan Kelurahan Kalimulya mengikuti pelatihan water rescue dan pertolongan pertama, di Situ Cilodong, Rabu (23/11).

Taruna Siaga Bencana (Tagana), Amirudin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan peserta dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi kondisi kedaruratan di air serta menghadapi potensi bencana.

“Kali ini kami memberikan edukasi tentang kebencanaan, seperti pertolongan kepada masyarakat yang mengalami musibah bencana alam yaitu tentang banjir. Kami mempraktekan langsung tentang water residu, bagaimana cara penyelamatan masyarakat yang terkena banjir, baik masyarakat yang tenggelam ataupun yang terjebak didalam rumah pada saat banjir,” jelasnya Kepada Harian Radar Depok.

Ada beberapa teknik yang dilatih untuk menambah ketangkasan dalam melakukan penyelamatan di dalam air, mulai dari teknik penyelamatan di air, pengenalan peralatan keselamatan, proses evakuasi pengangkatan korban dari air, penyelamatan korban tenggelam, sampai teknik pertolongan pertama saat penyelamatan.

Baca Juga  JPO Evencio Apartemen Zero Accident

“Teori ini atau praktek ini kami lakukan karena memang kultur yang ada, sering terjadi bahwa di Kelurahan kalimulya ini dominan masalah banjir. Kami berinisiatif dan berpartisipasi dalam memberikan pelatihan keterampilan untuk pertolongan penanggulana bencana banjir, terutama para korban bencana yang ada di kelurahan tersebut,” ungkapnya.

Adapun lima personil yang dikerahkan untuk melatih peserta, dengan semua perlengkapan yang telah disediakan.

“Kami mengerahkan 5 personil pelatihan untuk para peserta yang ada di Kelurahan Kalimulya, selain itu kami sudah mempersiapkan perahu karet, jaket, helm, dayung, dan juga peralatan yang lainnya untuk menompang kegiatan ini,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kecamatan Cilodong, Zainal Arifin mengatakan, mengapresiasi Kelurahan Kalimulya yang telah melaksanakan Kegiatan Pelatihan Tanggap Bencana.

Baca Juga  Nyawa Nazarudin Selamat

“Kesiapan dari tim yang dibentuk Bapak Lurah sudah cakap. Prosedur penyelamatan juga sudah disampaikan oleh narasumber, dengan harapan yang ikut kegiatan ini bisa lebih reaktif, apa bila ada bencana bergerak lebih cepat,” jelasnya di Situ Cilodong, (23/11).

Masih di tempat yang sama, Lurah Kalimulya, Nyoman Budiarsa mengatakan, kegiatan ini melibatkan Satuan relawan kebakaran (Satlakar), Perlindungan Masyarakat (Linmas), Kelompok Sadar (Pokdar), Karang taruna, Rukun Warga (RW), dan Tim Relawan.

Lanjutnya, Nyoman Budiarsa mengatakan, kegiatan yang sifatnya edukasi, yang langsung terjun kelapangan serta teori-teori yang telah disampaikan dapat menjadikan sebuah kemampuan yang lebih untuk masyarakat Kelurahan Kalimulya.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, maka diharapkan bisa menambah pengetahuan tim Relawan, terutama dalam memberikan pertolongan saat terjadi musibah atau bencana di air,” tandasnya. (mg7)

Baca Juga  Kelurahan Sawangan Baru Bantu Pemerintah Wujudkan 5.000 WUB

Jurnalis : Wilda Apriyani

Editor : Arnet Kelmanutu