MARKET DAY : Suasana Market Day yang diadakan di SDN Citayam 1 di Jalan Raya Cipayung Jaya, RT 02/10 Depok, Kecamatan Cipayung, Senin (21/11). Audie Salsabila / Radar Depok
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Setelah mengadakan Sosialisasi Kegiatan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bersama orang tua siswa pada 10 dan 11 November kemarin, SDN Citayam 1, khususnya kelas 1 dan 4, telah sukses  melaksanakan kegiatan Market Day yang menjual berbagai makanan olahan buah dan sayur.

Kepala Sekolah SDN Citayam 1, Nuraini mengatakan, sangat mendukung kegiatan Market Day untuk keberlangsungan pembelajaran siswa yang lebih baik dari masa ke masa. Dia juga mengucapkan terima kasih atas semangat siswa dan orang tua yang sudah menyukseskan acara tersebut.

“Untuk menunjang kegiatan P5 ini, pembelajaran berdasarkan lingkungan terdekat sekolah. Karena kita dekat pasar, bearti kewirausahaan yang mayoritas menjual buah dan sayur. Pembelajaran seperti ini dulu di SMK, sekarang zaman sudah maju, SD bisa melakukan itu. Misal, mereka belajar proses pembuatan keripik singkong, pertama singkong ditanam, dirawat, lalu panen. Habis itu, dikupas, dijemur, dan seterusnya,” ungkapnya, Senin (21/11).

Baca Juga  Meriah, SMPN 28 Depok Gelar Market Day Perdana

Sementara itu,  Guru Kelas 1 SDN Citayam 1, Qiqi Febrianti menjelaskan manfaat yang dirasakan siswa sangat banyak dan berguna bagi masa depan mereka, lewat program Market Day ini. Banyak orang tua/wali murid yang berpartisipasi dengan diadakannya Market Day karena antusiasme mereka untuk mendukung pembelajaran anak di sekolah.

“Kita ambilnya tema kewirausahaan, jadi anak-anak di sini agar bisa berpikir kreatif untuk dia hidup. Menjalani hidup kan butuh adaptasi gitu ya, dengan adanya Market Day ini, akan muncul ide-ide kreatifnya, bisa untuk bertahan hidup,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Guru Kelas 1 SDN 1 Citayam, Retno Fajarwati menerangka, berkat antusiasme siswa, orang tua/wali hingga guru, makanan serta minuman yang dijual habis dalam sekejap. Stok dagangan kekurangan dibandingkan dengan minat pembeli yang membludak.

Baca Juga  Semangat Kartini untuk Isi Kemerdekaan

“Di luar ekspektasi kita. Ternyata peminatnya banyak. Baru 30 menit dipajang sudah ludes. Soalnya, selain menjaga kualitas makanan, rasa, kesehatan, harganya pun juga murah terjangkau. Jadi emang baru dibuka, kapan lagi ada jajanan sehat dan murah,” katanya.

Terpisah, salah satu orang tua siswa kelas 4, Yaya yang membantu menyiapkan Market Day mengungkapkan, senang atas partisipasinya di acara ini. Ide berjualan es buah sudah dia serta tim siapkan berhari-hari lalu.

“Semua udah terlaksana lah. Modalnya Rp 180 ribu. Ini ada 50 gelas es buah. Harapannya semoga laris,” ujarnya.

Di samping itu, terdapat orang tua dari kelas 2, Ratih Hayati yang membeli produk-produk dari Market Day. Dia menyatakan, kesannya terhadap Market Day sangat positif. Rasa-rasa dari es buah dan lumpia sayur yang nikmat, membuatnya senang.

Baca Juga  Market Day SD G-Labs untuk Budaya Antre

“Kesannya bagus untuk anak-anak ada pengalaman, ada kegiatan berjualan jadi tau dia. Anak belajar juga, apa yang dibelanjakan diawasin. Biasanya anak dikasih uang, kalau uangnya kelebihan, gatau berapa kembaliannya begitu-begitu,” bebernya.

Tidak hanya orang-orang dewasa, pelaku utama yaitu siswa dari SDN Citayam 1 Kelas 4, Rosita Febiyaningsih yang menjual puding buah mengaku senang dengan pengadaan Market Day di sekolah.

“Buat bikin makanan aku dibantuin mama. Ngga capek, malah seru,” paparnya. (mg5/rd)

Jurnalis : Audie Salsabila Hariyadi 

Editor : Indra Siregar