Timnas Ekuador Taklukkan Qatar
Skuad Ekuador usai menundukkan tuan rumah Qatar dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. FOTO: IST/NET
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, QATAR – Ekuador secara mengejutkan mampu menundukkan tuan rumah Qatar dalam laga pembuka Piala Dunia 2022.

Bertanding di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu malam, 20 November 2022, Ekuador melibas Qatar 2 gol tanpa balas.

Dua gol Ekuador itu dilesakkan oleh kapten tim, Enner Valencia pada menit 16 (penalti) dan menit 31.

Namun yang paling istimewa dari kemenangan Ekuador atas Qatar itu adalah runtuhnya sejarah 92 tahun penyelenggaraan piala dunia.

Dengan kemenangan tersebut, tim besutan Gustavo Alfaro nangkring di puncak klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 dengan tri poin. Di sisi lain, Qatar yang menderita kekalasahan harus ikhlas berada di urutan terbawah.

Sementara Belanda dan Senegal baru akan melakoni pertandingan pada malam nanti.

Jalannya Pertandingan

Kapten Ekuador, Enner Valencia menjadi bintang pada laga ini dengan mencetak sepasang gol. Striker 33 tahun yang bermain untuk Fenerbahce itu sebenarnya sempat menjebol gawang tuan rumah saat laga baru berjalan tiga menit.

Baca Juga  Bintang-Pelatih Swedia Kecewa Berat

Namun kemudian dianulis wasit karena berdasarkan VAR dia dalam posisi offside. Valencia benar-benar menjebol gawang Qatar setelah eksekusi penaltinya pada menit ke-16 sukses mengecoh kiper Qatar, Saad Al Sheeb.

Sebelumnya, Al Sheeb menjatuhkan pemain lawan di kotak terlarang sehingga berbuah penalti dan dia mendapat kartu kuning.

Valencia yang maju sebagai algojo penalti melepaskan tendangan dengan tenang ke arah kanan, sementara Al Sheeb bergerak ke arah sebaliknya. 1-0 untuk Ekuador.

Memasuki menit ke-31, mantan penyerang West Ham United dan Everton itu mencetak gol keduanya. Kali ini berawal dari umpan silang Angelo Preciado, Valencia berada dalam posisi yang tepat untuk menundul bola ke pojok kiri dan gol. Qatar 0, Ekuador 2.

Baca Juga  Vaksinasi Booster Polsek Kalideres Diikuti 500 Warga

Pada masa injury babak pertama, Qatar mendapat peluang emas lewat sundulan Almoez Ali, namun arahnya melenceng dari sasaran.

Babak pertama Qatar vs Ekuador berakhir dengan skor 0-2. Sepuluh menit selepas jeda, Romario Ibarra melepaskan sepakan keras yang masih bisa digagalkan Saad Al Sheeb.

Pada paruh kedua ini, Ekuador tidak terlalu ngotot menambah keunggulan. Sebaliknya para pemain Qatar terus berupaya memperkecil ketinggalan. Namun anak asuh Felix Sanchez itu tak kunjung bisa membongkar pertahanan lawan.

Pada menit ke-86, Mohammed Muntari (Qatar) menyia-nyiakan kesempatan emas. Dia melepaskan tembakan dari tepi kotak 16 namun arahnya melambung di atas mistar gawang.

Hingga laga Qatar vs Ekuador bubar, skor tidak berubah. Tuan rumah Piala Dunia 2022 harus menangis di laga debutnya pada turnamen sepak bola terakbar sejagad raya itu.

Sembilan fakta usai Ekuador tundukkan Qatar di laga pembuka Piala Dunia 2022:

  1. Ekuador jadi tim pertama yang mampu mengalahkan tim tuan rumah dalam laga pembuka piala dunia.
  2. Qatar jadi tuan rumah pertama di piala dunia yang mengalami kekalahan di laga perdana.
  3. Sebelumnya, selama 92 tahun penyelenggaraan piala dunia, tuan rumah tidak pernah kalah.
  4. Enner Valencia jadi pemain pertama yang mencetak gol melalui sundulan kepala.
  5. Enner Valencia menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia 2022.
  6. Laga tersebut juga jadi laga pertama dengan gol pertama dan tercepat yang dianulis wasit Daniele Orsato.
  7. Kiper Qatar Saad Al Sheeb jadi pemain pertama yang menerima kartu kuning setelah melanggar Enner Valencia di kotak penalty.
  8. Gol Enner Valencia dari titik putih di menit 16 jadi penalti pertama sepanjang sejarah penyelenggaraan piala dunia. (pjs/rd)
Baca Juga  Grup G Piala Dunia 2022: Profil Timnas Kamerun, Optimis Melangkah Lebih Jauh