PRESTASI: Barisan Garuda Tiga menorehkan prestasi juara dua se- Jabodetabek dan melakukan foto bersama dengan Kepala Sekolah ( kiri ), dan Wakil Kepala Sekolah ( kanan).Bunga Rae Maden/Radar Depok
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COMSMK Negeri 3 Depok yang berada di Jalan H. Tabroni, Kelurahan  Kalimulya, Kecamatan Cilodong, telah meraih banyak prestasi di berbagai bidang ekstrakulikuler salah satunya dalam bidang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang diwakili Barisan Garuda Tiga (Brigata).

Ketua  Brigata SMK Negeri 3 Depok,  Angger Jourdy Susetyo mengatakan, Brigata sendiri telah mengikuti kegiatan perlombaan mandiri ini sejak tahun 2014 dan telah meraih  banyak kejuaran dengan bermacam kategori. Tahun ini Brigata menghasilkan kejuaraan pada 20 November 2020.

“Kita meraih juara ke-2 pada 20 November 2020, yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Cileungsi  yang bertema Garis, yaitu tingkatan lomba baris berbaris se-Jabodetabek dan kita memenangkan juara ke-2 dari beberapa kategori salah satunya ada Peraturan Baris Berbaris (PBB), Komandan, Variasi Formasi, serta kostum dengan status terbaik se-Jabodetabek,” ujarnya, Senin (21/11).

Baca Juga  2.562 CASN Depok Lewati Nilai Ambang Batas

Dia juga mengatakan,  sebelum itu mereka  juga menorehkan juara  harapan ke-2  di  Krisalis Tanggerang. Butuh banyak waktu untuk menghasilkan kejuaraan.

”Untuk menghasilkan kejuaraan kita membutuhkan waktu sekitar 2 minggu  pukul 13.00-17.00 WIB. Jika  kita tidak sedang mengikuti lomba, kita latihan setiap hari Sabtu pukul 08.00-15.00 WIB,” bebernya.

Dia menjelaskan, selama latihan tidak ada kendala  dan untuk anggota paskibra terdiri dari dua belas pasukan dan satu orang komandan. Lalu, dia menceritakan selama ini mereka juga pernah merasa putus asa dan takut.

“Ketika memasuki hari ke-3 sebelum dilaksanakannya lomba tersebut, dikarenakan adanya masalah internal dari pasukan kita sendiri .Tetapi kita punya pelatih untuk membangkitkan kita  sehingga kita tidak cepat putus asa dan dari saya sendiri juga mempunyai motivasi  untuk pasukan supaya tidak cepat menyerah,” jelasnya.

Baca Juga  Sanlat SDN Pasir Putih 2 Depok untuk Penguatan Akhlak

Angger mengucapkan, untuk mengatasinya dengan cara meyakinkan para anggota. Mereka mencari kejuaraan atau mencari pengalaman dalam perlombaan tersebut. Pelatih meminta untuk anggota agar selalu fokus ke depan.

Oleh karena itu, dukungan keluarga, teman, dan sekolah sangat berpengaruh. Sekolah memebrikan dukungan berupa materi dan fasilitas, sehingga mereka bisa melakukan lomba tersebut tanpa halangan dan terus semangat untuk mendapatkan kejuaraan agar  bisa membawa nama sekolah.

“Dari perlombaan-lombaan yang Brigata hasilkan, kedepanya bisa lebih mendapatkan kejuaraan-kejuaran. Lebih maju lagi dan berkembang sehingga bisa mengharumkan nama sekolah,”pungkasnya.(mg3/rd)

Jurnalis : Bunga Rae Maden 

Editor : Indra Siregar