KANTIN SEKOLAH : Siswa SMAN 8 Depok di Jalan M. Nasir Nomor 84, RT.06/01, Cilodong, Kecamatan Cilodong sedang menikmati makan siangnya di kantin sekolah.Audie Salsabila/Radar Depok
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Menuju Adiwiyata Mandiri tahun ini, SMAN 8 Depok di Jalan M. Nasir Nomor 84, RT.06/01, Cilodong, Kecamatan Cilodong sudah menerapkan kebijakan sekolah yaitu Zero Waste. Sebelumnya, SMAN 8 Depok sudah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional di tahun 2019 yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hubungan Masyarakat SMAN 8 Depok, Hotma Lesmaria mengatakan, program Zero Waste sendiri merupakan program mandiri sekolah dengan tujuan mengurangi sampah plastik atau sampah sekali pakai. Hal tersebut diterapkan oleh siswa dan guru di kantin sekolah.

“Zero Waste di SMAN 8 ini sendiri adalah mengurangi sampah. Anak-anak wajib membawa botol minum dan wadah makanan sendiri. Jadi, ke kantin bawa wadah makanan yang kosong, selain itu bawa bekal lebih baik lagi. Kalo tidak membawa wadah sendiri, bisa meminjam piring atau gelas yang tersedia di kantin. Ada juga pring yang dialaskan daun,” katanya, Jumat (18/11).

Baca Juga  MI Muhammadiyah 2 Kukusan Ikut Virtual HAB ke-75 Kemenag

Program yang dilakukan sejak Agustus tahun ini sangat didukung baik pihak siswa maupun pihak kantin dikarenakan dari kedua belah pihak tersebut bisa berhemat untuk pengeluaran biaya kemasan. Kemudian, penyajian makanan menjadi lebih ringkas untuk dipakai dan pembersihan menjadi lebih cepat dan mudah.

“Pihak-pihak kantin sebelumnya kalau untuk berjualan harus menandatangani MoU terlebih dahulu. Kita tidak memaksakan pihak penyewa. Kalo mau berjualan harus mengikuti aturan dari SMAN 8 sendiri. Untuk siswa bahkan kita nyediain air galon isi ulang, bayar seikhlasnya. Jadi, respon mereka positif sekali,” pungkasnya. (mg5/rd)

Jurnalis : Audie Salsabila Hariyadi

Editor : Indra Siregar