ANTISIPASI : Kelurahan Jatijajar mengadakan pertemuan survey mawas diri (SMD) di adakan di aula Kelurhan Jatijajar, Kecamatan Tapos. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM-Kelurahan Jatijajar mengadakan pertemuan Survey Mawas Diri (SMD), kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat Kelurahan Jatijajar, pertemuan ini di adakan di aula Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok.

Pada pertemuan SMD ini di hadiri oleh Lurah Jatijajar yang di wakili oleh Sekretaris Kelurahan Jatijajar, Kasi Kesmas Kelurahan Jatijajar, Puskesmas Keluraha Jatijajar, Ketua LPM dan Jajarannya, Ketua RW dan RT Sekelurahan Jatijajar, TP-PKK serta kader-kader yang ada di kelurahan Jatijajar dengan total peserta 14 orang.

Lurah Jatijajar, Mujahidin mengatakan pertemuan ini untuk mengetahui potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut.

“Maka Instrumen SMD akan disusun Puskesmas sesuai masalah yang dihadapi dan masalah yang akan ditanggulangi Puskesmas Jatijajar,” ujarnya.

Baca Juga  Sarang Tawon Resahkan Warga PGS

Mujahidin mengatakan tujuan kegiatan ini juga untuk mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa dalam rangka menyiapkan Kelurahan siaga

“Timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada wilayah yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan,” ucapnya.

Pada Pertemuan ini menghasilkan kesimpulan bahwa kelurahan Jatijajar memiliki prioritas masalah SMD pada tahun 2022 yaitu yang pertama adalah masalah Hipertensi, kedua Diabetes, Kolestrol, Asam Urat dan yang ketiga adalah Tuberkulosis.

“Adapun yang ke 4 adalah Stunting serta yang ke lima adalah peran Posyandu dan Posbindu,” ungkapnya.

Mujahidin mengatakan, Sejauh ini pemerintah Kelurahan Jatijajar sudah berupaya maksimal untuk mengurangi permasalahan yang ada. “Tetapi karena permasalahan yang dihadapi terlalu kompleks sehingga masih ada beberapa permasalahan yang sama setiap tahunnya,” tuturnya.

Baca Juga  Funday Empiris Diisi dengan Kegiatan Kesehatan dan Pelatihan

Mujahidin berharap masyarakat dapat bersama-sama membantu dan berupaya untuk mengatasi permasalahan yang ada, demi mewujudkan kondisi masyarakat dan lingkungan lebih baik dan sehat. (ana)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu