Wisuda STKIP Arrahmaniyah Depok
WISUDA: STKIP Arrahmaniyah Kota Depok menggelar wisuda Ke-24 di Gedung Ronatama Graha and Convention Hall Kota Depok. Tahun ini ada 625 orang lulusan yang diwisuda dari berbagai Program Studi. FOTO: STKIP ARRAHMANIYAH FOR RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK — STKIP Arrahmaniyah Kota Depok menggelar wisuda Ke-24 di Gedung Ronatama Graha and Convention Hall Kota Depok, Rabu (23/11). Tahun ini ada 625 orang lulusan yang diwisuda dari berbagai Program Studi.

Ketua STKIP Arrahmaniyah Depok, Dr. H. Moh. Abduh, MM, M.Si mengatakan, tahun ini ada 625 orang lulusan STKIP Arrahmaniyah dari berbagai Program Studi. Di antaranya, 30 wisudawan Program Magister PPKn, 124 wisudawan Program Studi PPKn, 54 wisudawan Program Studi Pendidikan Biologi, dan 417  wisudawan Program Studi PGSD.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab STKIP Arrahmaniyah kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global dan era digital saat ini, terkhusus dalam dunia pendidikan,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Radar Depok, Rabu (23/11).

Baca Juga  Menyelami Komunitas Lingkungan Trash Hero Depok : Kegiatan Tertunda Akibat Pandemi, Bersih Sungai Tetap Jalan (3-Habis)

Moh Abduh juga menyampaikan pandangan mengenai Perjalanan STKIP Arrahmaniyah sampai 25 Tahun usia perak hari ini. Kata orang seusia ini adalah usia produktif, usia dewasa, usia menuju kematangan dan kemandirian. STKIP Arrahmaniyah diselengarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Arrahmaniyah, sebagai institusi pendidikan yang lahir dan cikal bakal berdirinya dimulai dari pondok pesantren yang didirikan sejak tahun 1948.

“Saat ini YPI Arrahmaniyah memilki 11 unit pendidikan, dan STKIP Arrahmaniyah salah satunya yang dicetuskan lahir 22 November tahun 1997, yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya STKIP Arrahmaniyah berdasarkan STATUTA STKIP Arrahmaniyah tahun 1998. Dan Berdasarkan Surat Keterangan Pendirian Perguruan Tinggi STKIP Arrahmaniyah Depok dikeluarkan oleh Mendikbud RI Nomor : 168/D/O/1998, tertanggal 20 November 1998,” terangnya.

Seiring perjalanannya yang sudah 25 tahun, sejak tahun 2003 dari tiga program Studi S1 Pendidikan, sudah meluluskan 9.788 Sarjana Pendidikan, dan Program Studi S2 sejak tahun 2017 sudah meluluskan sebanyak 254 Magister Pendidikan.

Baca Juga  Kurikulum Merdeka, Guru Bebas Pilih Perangkat Mengajar

“Ini pencapaian luar biasa sudah ribuan sarjana dan ratusan magitser pendidikan yang telah mengabdi untuk masyarakat bangsa dan negara ini. Sekali lagi kami bersimpuh dan bersyukur kepada Allah SWT atas usia kami STKIP Arrahmaniyah ke-25 tahun ini, usia yang terus mendidik kami menjadi lebih matang dan dewasa,” ucap Moh Abduh.

Ia mengatakan, ada beberapa agenda kegiatan dalam rangka Dies Natalie MiladiyahSTKIP Arrahmaniyah Depok. Di antaranya, Gebyar Dies Natalis Miladiyah dengan lomba-lomba seperti Futsal, Tenis meja, Stand up commedy, Hadrah, Tahfidz Quran, Pentas musik, Lomba pembuatan video singkat viral, mobile legend, dan lomba tumpeng.

“Dan kita juga menyelenggarakan Seminar Nasional ke-3 dalam tema : Strategi pengembangan media pembelajaran interaktif di era digital sebagai implementasi MBKM pada 12 November 2022,” tuturnya.

Baca Juga  RW di Pancoranmas Terbanyak Diisolasi, Berikut Rinciannya

Selain itu lanjutnya, peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan tinggi terus digenjot, dalam rangka implementasi tri dharma perguruan tinggi dan meningkatakn standar pendidikan tinggi nasional.

Beberapa Kerjasama antar lembaga dan perguruan tinggi yang telah dilakukan selama tahun 2021-2022, diantaranya kerjsama dengan KPU Kota Depok, Bawaslu Kota Depok, BNN Kota Depok, dengan Komunitas guru bidang studi MGMP. Juga dengan mitra perguruan tinggi lain, yaitu Univeristas Pakuan Bogor, Universitas Negeri Padang, Universitas Pamulang, dan beberapa dengan institusi pemerintah yayasan dan lembaga sosial serta pendidikan lainnya.

“Insya Allah nanti pada Januari 2023, kami akan melakukan kunjungan untuk mengimplementasikan ikatan kerjasama internasional dengan beberapa negara di asia tenggara, yang kami sudah lakukan MoU dan sudah konfirmasi jawaban kesediaannya,” pungkasnya. (**/gun)