Mahasiswa UI Tanggap Bencana
TURUN KE LOKASI: Mahasiswa Universitas Indonesia tanggap bencana dengan turun langsung ke lokasi, mendukung BPBD Cianjur melakukan Asessment dan pemetaan daerah terdampak gempa Cianjur. FOTO: HUMAS UI FOR RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, CIANJUR – Gempa mengguncang Kabupaten Cianjur, pada Senin, 22 November 2022, pukul 13.21 WIB, dengan magnitude 5,6 terasa hingga ke Universitas Indonesia (UI) yang berlokasi termasuk dekat dengan wilayah Kabupaten Cianjur.

Sebagai wujud simpati dan kepeduliannya, UI bergerak cepat lewat aksi UI Peduli pada hari Senin setelah bencana alam itu terjadi.

Aksi tanggap bencana UI Peduli Cianjur diawali oleh 12 mahasiswa UI yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UI dan Geography Mountaineering Club (GMC) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI.

Dalam melakukan kegiatan UI Peduli ini, Mapala UI berkoordinasi dengan instansi terkait, salah satunya adalah dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur.

Baca Juga  Update Kecelakaan Tol Cipularang : Totalnya Jadi 20 Kendaraan dan 9 Tewas

Mahasiswa UI Tanggap Bencana

Selain membagikan logistik berupa akomodasi dan konsumsi kepada para korban gempa, mahasiswa UI juga mendukung kegiatan BPBD melakukan assessment daerah yang terisolir dan pemetaan daerah terdampak agar bantuan dapat terdistribusi tepat sasaran ke korban yang paling membutuhkan.

Assessment juga dilakukan terhadap kondisi sekolah-sekolah yang ada di wilayah Cianjur, dan tingkat kerusakannya untuk memperoleh gambaran bagaimana kegiatan pendidikan di daerah tersebut dapat segera pulih kembali.

UI Peduli merupakan wujud pengabdian masyarakat (pengmas) UI, baik berbentuk aksi maupun bantuan sosial, yang disebarkan ke seluruh tanah air.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia mengatakan bahwa Tim UI Peduli berada di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM).

Baca Juga  Diduga Rem Blong, Truk Hantam Warga di Bekasi

“Selama ini, UI Peduli selalu gerak cepat turun ke daerah yang mengalami bencana, dengan menggandeng beberapa pihak/mitra, mulai dari ILUNI UI, pemerintah setempat, memberikan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban,” ungkap Amelita.

Amelita memberi contoh salah satu kegiatan UI Peduli pada Desember 2021, yakni ketika UI mendatangi tiga lokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dalam rangka melakukan kegiatan pengmas guna menanggapi bencana meletusnya Gunung Semeru pada 4 Desember 2021.

“Saat itu, UI Peduli membawa 50 paket lampu senter serta paket pendidikan yang berisi tas sekolah, alat tulis sekolah, tempat minum botol, kaos kaki, tempat pensil, makanan ringan, dan susu kotak sejumlah 200 paket,” terangnya.

Baca Juga  151 Jenazah Korban Gempa Cianjur Teridentifikasi, Anggota Keluarga Bisa Melapor ke Posko

Sebelumnya, di awal tahun (2-4 Maret 2022) UI Peduli terjun ke lima titik daerah banjir di Pekalongan, yakni Desa Wiradesa, GOR Jatayu, Muhammadiyah Disaster Management Center Pekalongan, Kantor Kepala Desa Pecakaran, dan Kantor Kepala Desa Pesanggrahan di Kecamatan Wonokerto, membawa bantuan yang berkaitan dengan kesehatan, seperti vitamin, propolis, dan masker medis.

“Dalam proses pendistribusian bantuan itu, tim UI Peduli bekerja sama dengan pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0710 Kota Pekalongan. Semua bantuan didistribusikan langsung ke rumah-rumah warga dan dapur umum,” pungkasnya. (gun/**)