Beranda blog

Imigrasi Depok Geber Pelayanan Lewat Easy Passpor

0

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok terus berupaya bangkit setelah mendapat dampak dari pandemi covid 19. Upaya jemput bola dengan program easy passpor menjadi langkah efektif guna memberikan pelayanan paspor kepada masyarakat.

Kasubsi Informasi Imigrasi Kota Depok, Yuris Setiawan menerangkan, ada sebanya 57 warga yang menerima pelayanan tersebut, termasuk anak-anak. Ini sudah lokasi yang kesekian kalinya Imigrasi melakukan jemput bola.

Masyarakat antusias, ada sekitar 57 orang yang ikut. Tapi tetap dengan standar protokol kesehatan,” tegasnya kepada Radar Depok, Jumat (23/4).

Yuris menjelaskan ini menjadi salah satu program unggulan Imigrasi untuk bangkit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setelah pandemi Covid-19. Sehingga upaya menjemput bola harus dilakukan.

Kami pernah ke warga tapos, ke kantor kemenag, dan kemarin kita ke perumahan GDC klaster anggrek 2,” jelasnya.

Ia menuturkan, dalam melakukan pelayanan,untuk satu orang hanya menghabiskan waktu paling lama lima menit, mulai dari registrasi, foto, hingga usai. Imigrasi pun mempersiapkan segala sesuatuanya, hingga paspor selesai di tempat.

Semua pelayanan hanya berlangsung selama dua jam setengah,sekitar dari pukul 10:30 WIB sampai 13:30 WIB,” beber Yuris.

Dirinya memang mengakui bahwa aktifitas di imigrasi pada pelayanan paspor sangat lesu selama pandemi, hal ini disebabkannya penutupan beberapa negara untuk melakukan antisipasi penyebaran Covid-19. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro

Antisipasi Mudik : Buat Tiga Titik Penyekatan, Lima Check Point

0

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Jajaran Polres Metro Depok bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Depok akan melakukan penyekatan pada sejumpah titik, guna mengantisipasi kebijakan dilarang mudik.

Kasat lantas Polresto Depok, AKBP Andi Indra Waspada mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021, atas kebijakan dilarang mudik. Maka pihaknya bersama dishub akan melakukan penyekatan. Ada tiga titik penyekatan dan lima check point.

Tiga titik tersebut, antara lain perbatasan wilayah Depok menuju Bogor, yaitu di Jalan Raya Bogor tepatnya di depan Pom Bensin Cilangkap. Kedua, di Jalan Raya Sawangan arah Tapos. Dan yang ketiga di Bojong Gede,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (23/4).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, penyekatan sendiri dilakukan untuk filterisasi dan persiapan pemutar balikan kendaraan yang akan mudik. Polresto Depok akan mengerahkan sepertiga dari personelnya yang ada.

Kami juga bekerjasama dengan dishub, Satpol PP, serta dinkes,” jelasnya.

Selain pos penyekatan, dia menjelaskan, terdapat juga pos check point yang terdiri dari lima pos, yang berguna untuk mengecek berkaitan dengan protokol kesehatan. “Jadi, kami punya tiga pos penyekatan dan lima pos check point,” lanjutnya.

Sementara, Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, berdasarkan data per Jumat (23/4), terdapat kenaikan penumpang di Terminal Jatijajar

Berdasarkan pantauan kami, dari pagi ada pergerakan meningkat. Yang biasanya jumlah penumpang 300 per hari, hari ini ada 350,” tuturnya.

Berdasarkan pengamatan Dishub Kota Depok, wilayah tujuan Jawa Tengah cukup padat dan sudah 40 persen dari kuota bus terisi. “Kami belum bisa memastikan mereka mudik atau bagaimana, yang pastinya pulang,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro

PLN UIT JBB Beri Bantuan Buat Enam Masjid

0

RADARDEPOK.COM, DEPOK – PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Barat (JBB), melalui program PLN Peduli memberikan bantuan prasarana rumah ibadah di enam titik lokasi yang tersebar di wilayah Depok dan Banten. Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 22 – 23 April 2021.

Manager Administrasi dan Fasilitas Umum PLN UIT JBB, Lulik Purwiranto menuturkan, sebagai unit PLN yang mengelola aset transmisi dan gardu induk di wilayah Jawa Bagian Barat. PLN UIT JBB mempunyai tanggung jawab sosial terhadap masyarakat yang berada di ring 1 aset transmisi.

Salah satunya adalah rumah ibadah,” ucap Lulik kepada Radar Depok, Jumat (23/4).

Selain itu, Lulik menjelaskan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi di momentum bulan suci Ramadan. “Momentum Ramadan ini kami manfaatkan untuk bersilaturahim dengan warga di sekitar asset, meskipun nilai bantuannya tidak terlalu besar semoga tetap bisa memberikan manfaat untuk masyarakat,” terangnya.

Total bantuan yang diberikan senilai Rp60 Juta, yang diberikan dalam wujud prasarana peralatan elektronik guna mendukung kegiatan ibadah di masjid atau mushola setempat.

“Diharapkan dengan bantuan ini, PLN dengan masyarakat dapat terjalin hubungan yang baik untuk dapat ikut menjaga aset PLN, yang berada di lingkungan sekitarnya,” tandasnya. (rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Junior Williandro

Bersama Wahid Foundation, Kelurahan Pengasinan Gelar FGD Rencana Aksi Kelurahan Damai Cegah Ekstremisme Kekerasan

0

RADARDEPOK.C0M, DEPOK – Wahid Foundation (WF) konsisten menyebarkan nilai-nilai perdamaian. Salah satunya dengan melaksanakan diskusi terumpun atau focus grup discussion (FGD) Rencana Aksi Damai Kelurahan Damai  Bersama Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Pengasinan, di Balai Kecamatan Sawangan, Kota Depok pada Senin (22/04).

FGD Rencana Aksi Kelurahan Damai merupakan kelanjutan dari Training Pencegahan Ekstremisme Kekerasan dan Literasi Hukum  Bagi Kelompok Kerja (Pokja) Desa/Kelurahan Damai Wilayah Jawa Barat yang dilaksanakan pada 26-28 Februari lalu di Whiz Prime Hotel, Bogor, Jawa Barat dan juga merupakan rangkaian kegiatan dalam Program Desa Damai Wahid Foundation yang sudah berjalan sejak tahun 2017.

Kepala Kelurahan Pengasinan, Asep Suherman memberikan apresiasi kepada Wahid Foundation karena telah memilih  Kelurahan Pengasinan sebagai bagian dan tempat penyusunan Rencana Aksi Kelurahan Damai dalam Program Desa/Kelurahan Damai. Menurutnya, Rencana Aksi Kelurahan ini harus bersinergi dengan kelurahan dan diharapkan mampu memberikan  sumbangsih yang manfaat bagi masyarakat, khusunya melalui program yang dihasilkan dari Rencana Aksi Kelurahan Damai yang dilaksanakan Pokja Pengasinan.

“Saya melihat WF cukup baik sekali dengan komunikasi dan niatannya untuk memberdayakan perempuan di Pengasinan. Pembinaan karakter yang dilakukan juga yang cukup baik. Jadi saya harap kedepan ada semacam sumbangsih dari Pokja dengan program yang dibuat harus bisa bersinergi dengan kelurahan. Ide dan aspirasi  harus disampaikan agar program ini benar-benar ada manfaat yang dirasakan oleh masyarakat,” Ujar Asep saat memberikan sambutan sekaligus mengungkapkan harapannya dalam pembukaan Rencana Aksi Kelurahan Damai Pokja Pengasinan.

Di sisi lain, Visna Vulovik, Program Manager Wahid Foundation dalam sambutannya menjelaskan bahwa dipilihnya Kelurahan Pengasinan sebagai bagian dari Program Desa/Kelurahan Damai adalah satu upaya untuk mewujudkan perdamaian di tingkat desa/kelurahan melalui peningkatan kesejahteraan dengan memberdayakan perempuan dengan berkolaborasi dengan kelurahan.

“Program ini terlaksana karena kolaborasi Wahid Foundation dengan pihak kelurahan. Sejak 2013, kami berpikir kalau tempat ini adalah tempat cocok untuk bisa dijadikan contoh sebagai kampung perdamaian. Di Pengasinan, ada Koperasi Cinta Damai Wahid. Di sini kami ada banyak cabang usahanya. Diantaranya Wahid laundry yang sudah memiliki 3 cabang dan sudah melibatkan sekitar 40 perempuan dari pengasinan.” Kata Visna. “Harapannya,” lanjut Visna, “dengan pemberdayaan ini menjadi kesejahateraan yang adil bagi perempuan. seperti kata Gus Dur, bahwa perdamaian tanpa keadilan adalah ilusi,” ungkap Visna saat memberikan sambutan FGD Rencana Aksi Kelurahan Damai.

Selain itu, Visna juga menjelaskan bahwa Program Desa/Kelurahan Damai merupakan program turunan dari RANPE3AKS dan RANPE. Baginya, Program ini penting sekali dilaksanakan karena banyak sekali terjadii aksi-aksi yang melibatkan keluarga, khususnya perempuan untuk melakukan teror melawan negara. “Sehingga Wahid Foundation,” kata Visna, “Merasa perlu mengawal isu ketahanan nasional ini dan  salah satunya sudah dibuktikan oleh Pengasinan,” ungkap Visna menjelakan tujuan dilaksanakannya Program Desa/Kelurahan Damai.

Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Igor Tanjung Pambuko yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga memberikan apresiasi yang positif terhadap program Desa/Kelurahan Damai Wahid Foundation yang mengedepankan pemberdayaan perempuan. Menurutnya, program Desa/Kelurahan Damai selaras dengan salah satu prinsip RANPE, yaitu kesetaraan gender. Sebab, pengaruh kesetaraan gender memberikan ruang lebih kepada perempuan untuk mencegah isu isu ekstrimisme.

kekerasan ini. Terlebih, kata dia, hari ini kasus terorisme banyak melibatkan perempuan.Selain itu, ia juga meyakini sinergi yang dilakukan antar pihak dalam Program Desa/Kelurahan Damai bisa memberikan sumbangsih dalam melawan isu terorisme yang terjadi akhir-akhir ini.

“kerjasama banyak pihak dalam program ini akan memberikan sumbangsih untuk melawan isu terorisme di negara ini,” pungkas Igor.

Terakhir, Feri Wibowo, Camat Kecamatan Sawangan juga memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, ia menyebutkan bahwa permasalahan yang kerap terjadi di Kelurahan Pengasinan perlahan-lahan mulai berkurang dengan kehadiran beberapa program Wahid Foundation.

“Terima kasih banyak sekali untuk teman teman dari WF yang sudah menjalankan beberapa program dikelurahan ini.  Karenanya,  sudah beberapa masalah yang menjadi  fokus program  WF dan sedikit banyaknya sudah dicover dengan baik, seperti masalah perceraian yang terjadi. Saya merasa ini dipicu tidak hanya masalah ekonomi saja, tapi juga karena masih ada beberapa kasus perkawinan dini,” ungkap Feri.

Ia juga berharap potensi ekonomi yang ada di wilayah pengasinan bisa dimanfaatkan untuk kemudian juga menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat Pengasinan seperti geopoli cacing dan cocok tanam bersama di lahan kosong yang melibatkan banyak masyarakat.

“Dalam kegiatan tersebut yang mana melibatkan masyarakat banyak, mereka terlihat kompak dan guyub. Saya rasa dari sana masalah itu bisa diselesaikan dengan mudah dan bersama, karena masih banyak sekali juga masyarakat yang kurang peduli dengan masalah-masalah yang ada seperti keamanan, kenyamanan, ekonomi dan lain-lain. Karena itu saya merasa perlu untuk semua masyrakat agar berpartsipasi dalam menciptakan kelurahan yang damai,” Tukas Feri menutup sambutan dan membuka kegiatan tersebut.

Selain FGD Rencana Aksi Kelurahan Damai, kegiatan itu juga diisi dengan pembagian sembako dari Koperasi Cinta Damai Wahid kepada sejumlah masyarakat Pengasinan. Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir sejumlah perwakilan dari tokoh masyarakat, aparatur desa, dan Polsek setempat. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah

SMKN 2 Depok Sebar 150 Takjil dan Nasi Boks

0

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Di bulan Ramadan 1442 Hijriah ini, SMKN 2 Depok mengadakan kegiatan Rantang Cinta Siswa dan ASN, Jumat (23/04), Dimana, dalam kegiatan yang merupakan bagian dari Jabar Bergerak tersebut, ada 150 takjil dan nasi boks yang dibagikan ke warga lingkungan sekitar sekolah.

Wakil Kesiswaan SMKN 2 Depok, Umi Fadhilah mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengerahkan siswa yang tergabung dalam OSIS, Rohis, dan Polisi Taruna (Poltar) untuk membagikan takjil ke masyarakat.

“Karena masih dalam masa pandemi, hanya sebagian siswa saja yang dilibatkan untuk kegiatan Rantang Cinta Siswa dan ASN,” ucapnya kepada Radar Depok.

Umi menjelaskan, tidak hanya takjil dan nasi boks saja, tetapi ada juga 150 paket sembako yang dibagikan ke masyarakat sekitar sekolah. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan lingkungan sekitar sekolah, untuk mendata siapa saja yang berhak untuk mendapatkannya.

“Paket sembako tersebut, ada juga yang dibagikan ke siswa SMKN 2 Depok yang termasuk yatim dan duafa,” jelasnya.

siswa SMKN 2 Depok berbagi
AKSI : Siswa SMKN 2 Depok sedang membagikan takjil dan nasi boks ke warga. FOTO : ISTIMEWA

Umi menjelaskan, tidak hanya siswa saja, namun guru di SMKN 2 Depok dalam kegiatan Rantang Cinta Siswa dan ASN juga membagikan sembako ke warga di sekitaran rumah tinggalnya. Jadi, ini semua adalah kegiatan berbagi kebaikan kepada orang yang membutuhkan bantuan.

“Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kebaikan. Salah satu caranya adalah dengan berbagi. Semoga apa yang dilakukan SMKN 2 Depok bisa berguna untuk masyarakat banyak,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

 

Ada Beasiswa di Korea Selatan untuk Program Art Major Asian, Berikut Prosedur Lengkapnya

0

RADARDEPOK.COM – Korea Selatan memang cukup populer pada saat ini. Untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi pun kuliah di Korea Selatan banyak diminati oleh pelajar intenasional termasuk Indonesia.

Ada berbagai pilihan beasiswa yang ditawarkan perguruan tinggi terkemuka di Korea Selatan. Salah satu Beasiswa yang ditawarkan yaitu diantaranya Program Art Major Asian atau AMA dari Korea National University of Arts.

Melalui program tersebut, tentunya ada berbagai bidang keilmuan yang dapat dipilih bagi pelajar internasional, terutama bagi negara-negara di kawasan wilayah Asia dengan minat dan bakat khususnya dalam bidang seni. Program yang ditawarkan yaitu tingkat S1 dan S2.

Di Korea Selatan, K-Arts merupakan salah satu  perguruan tinggi  terkemuka.

Cakupan Program studi yang ditawarkan meliputi: Design, Art Theory, Architecture, Composition, Conduction, Acting, Directing, Stage Design, Theatre Studies, Film Making, Broadcasting, Vocal Music, Instrumental Music, Multimedia, Animation, Cinema Studies, Dance Performance, Choreography, Dance Theory, dan Fine Arts.

Cakupan beasiswa yang ditawarkan diantaranya :

– Tiket pesawat ke Korea Selatan pada saat awal dan akhir penerimaan beasiswa

– Tunjangan biaya perkuliahan S1 atau S2

– Asuransi kesehatan

– Tunjangan bulanan senilai 800.000 won (sekitar Rp 10juta) setiap bulannya

– Mendapat pelatihan bahasa Korea selama 4 bulan di awal masa perkuliahan

Persyaratannya :

– Untuk pelamar program keilmuan setara S1 merupakan lulusan atau akan lulus dari SMA/SMK/Sederajat/Universitas paling lambat yaitu tanggal 28 Februari 2022.

– Untuk pelamar program keilmuan setara S2 merupakan lulusan atau akan lulus dari program S1/D4 paling lambat tanggal 28 Februari 2022.

– Pelamar yang akan lulus pada tanggal 28 Februari 2022 harus menyertakan Surat Kelulusan Sementara pada saat pendaftaran beasiswa, kemudian menyerahkan salinan resmi ijazah ke pihak K’Arts paling lambat tanggal 28 Februari 2022.

– Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Korea yang telah ditentukan masing-masing jurusan keilmuan dan departemen kampus  yang dituju.

– Setelah lulus seleksi dokumen tanpa nilai TOPIK nantinya akan mengikuti Tes Bahasa Korea yang diselenggarakan oleh K-Arts.

– Pelamar harus memenuhi keterampilan dan bakat melalui pengajuan portofolio yang diminta oleh masing-masing jurusan/program studi, kecuali jika tertulis “portofolio tidak dibutuhkan”.

– Calon kandidat terpilih menjadi penerima beasiswa harus tiba di Korea Selatan pada akhir Oktober 2021 dan mengikuti pelatihan Bahasa Korea, pengecualian untuk yang memiliki TOPIK level 6 dibolehkan tidak mengikuti pelatihan bahasa Korea.

– Memenuhi persyaratan khusus dan ketentuan yang dibutuhkan oleh masing-masing jurusan dan program keilmuan  yang akan dituju.

Dokumen yang disiapkan :

– Aplikasi pendaftaran

– Personal Statement (Form 2)

– Rencana studi (Form 3)

– Penilaian pemeriksaan kesehatan (Form 4)

– Surat Rekomendasi (Form 5) disertai kontak dan tanda tangan asli dari para pemberi rekomendasi.

– Letter of Consent (Form 6)

– Salinan resmi ijazah dari sekolah atau universitas sebelumnya

– Salinan resmi transkrip nilai dari sekolah atau universitas sebelumnya

– Salinan tanda pengenal paspor atau KTP

– Salinan resmi bukti kemampuan bahasa sesuai yang diminta jurusan/program studi yang dituju (TOPIK/TOEFL/IELTS/TEPS)

– Seluruh dokumen harus menggunakan ukuran kertas A4.

– Mencantumkan Portofolio yang telah diberi nama di masing-masing halaman.

– Sertifikat pengalaman kerja/penghargaan/pencapaian lainnya yang relevan (tidak wajib).

Untuk semua dokumen yang sudah disiapkan diwajibkan menggunakan dalam bahasa Inggris atau Korea dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menterjemahkan Ijazah atau Transkrip Nilai.

Kemudian menyertakan salinan dalam bahasa asli  bersamaan dengan dokumen yang sudah diterjemahkan.

Prosedur Pendaftaran :

Pendaftaran Beasiswa Kuliah Seni Program S1 – S2 di Korea Selatan oleh AMA Scholarship bisa dilakukan secara online.

Jadwal pendaftaran online antara tanggal 25 Mei 2021 sampai 10 Juni 2021 pada link laman resmi berikut: K-Arts.

Waktu Pendaftaran :

– Maret sampai Mei 2021: Konsultasi pendaftaran dapat melalui email resmi dan telepon (pukul 13.00 – 17.00 pm waktu Korea atau pukul 11.00 – 15.00 WIB, di hari kerja

– 25 Mei-10 Juni 2021: Jadwal Pendaftaran Online Beasiswa Kuliah Seni oleh AMA Scholarship. Link pendaftaran online akan dibuka antara tanggal tersebut

– 11-30 Juni 2021: Seleksi dokumen

– 1 Juli 2021: Pemberitahuan hasil seleksi dokumen. Jadwal tes bahasa Korea (Online Korean Language Test) akan diumumkan di website resmi dan diinfokan kepada masing-masing peserta.

– 12-14 Juli 2021: Pelaksanaan tes bahasa Korea secara online

– 1-31 Agustus 2021: Review portofolio oleh masing-masing departemen serta wawancara (jika dibutuhkan)

– 1 September 2021: Pengumuman para penerima beasiswa (akan diinfokan juga ke masing-masing email penerima beasiswa)

– 1-30 September 2021: Penerima beasiswa mengirimkan via pos salinan dokumen resmi yang sebelumnya telah diupload secara online ke pihak kampus K-Arts

– September-Oktober 2021: Konfirmasi dan persiapan keberangkatan ke Korea Selatan

– 30 – 31 Oktober 2021: Diharapkan sudah tiba di Korea Selatan

– 1 November 2021-25 Februari 2022: Mulai mendapatkan pelatihan bahasa Korea

– 2 Maret 2022 merupakan awal dari perkuliahan Spring Semester Tahun 2022
Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui laman resmi : K-Arts.

Selain itu, apabila ada informasi yang kurang dipahami juga dapat menghubungi pihak kampus melalui email yang tertera pada laman resmi K-Arts. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

 

PLN Raih Platinum di Ajang BISRA Award 2021

0
RADARDEPOK.COM – PLN menerima penghargaan Platinum Champion in Corporate Social Responsibility pada ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021. Penghargaan ini diberikan atas upaya PLN yang terus melakukan transformasi program CSR dan, menjalankan program CSR secara berkelanjutan.
Penghargaan diterima langsung Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (22/4).
Perlu diketahui, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki komitmen (embedded) menjalankan program CSR yang feasible (dapat dilakukan), memiliki dampak yang efektif terhadap penerima program, terukur secara Social Return of Investment, serta memiliki program yang inklusif dan berkelanjutan.
Direktur Nasional Habitat For Humanity Indonesia, Susanto Samsudin dan perwakilan tim juri mengatakan, proses penjurian hanya dilakukan dalam waktu dua bulan melalui daring.
“Verifikasi data terbatas, jadi kita banyak melakukan kuesioner dan presentasi,” jelas Susanto pada acara penghargaan BISRA 2021.
Terdapat 5 macam penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah melalui serangkaian seleksi oleh tim juri. Penghargaan pertama yang diberikan adalah Certificate Appreciation Corporate Social Responsibility Program, dengan kategori penghargaan Platinum, Gold, dan Silver.
Executive Vice President Komunikasi Korporat, Agung Murdifi menyampaikan rasa terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan kepada PLN.
Dia juga menanyampaikan, saat ini PLN telah melaksanakan transformasi dalam bidang CSR. Transformasi ini dilakukan untuk mewujudkan nilai tambah Bersama antara perusahaan dan masyarakat untuk membentuk system bisnis berkelanjutan dengan berorientasi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini ditunjukkan dengan komitmen PLN dalam menjalankan program CSR dengan berpedoman kepada ISO 26000 dengan nilai mencapai lebih dari 4 persen dari laba tahun sebelumnya.
Dengan membawa tagline PLN Empower yaitu Pemberdayaan Produktif Oleh dan Dari masyarakat untuk mewujudkan Renewable Energy melalui beberapa programnya PLN Pintar, PLN Power, PLN Go Green dan PLN Peduli. PLN telah melaksanakan berbagai inisiatif program CSR seperti Program Penyediaan Alat Penyalur Daya Listrik (APDAL) dan Stasiun Pengisian Energi Listrik (SPEL) untuk daerah 3T, Program Desa Wisata, Pengolahan FABA menjadi bahan baku bangunan, Program pengolahan sampah menjadi batu bara nabati bahan cofiring PLTU Batu Bara, Program konsertvasi alam baik daratan maupun di laut, Program Vokasi siswa dan Guru SMK bidang kelistrikan serta inovasi New PLN Mobile sebagai wujud upaya PLN memudahkan pelanggan dalam mengatasi problem kelistrikan.
Dengan pencapaian serta program-program yang telah dilaksanakan ini, diharapkan tidak menghentikan inovasi PLN dalam bertransformasi menciptakan nilai kemanfaatan bersama bagi masyarakat Indonesia.(rd)
Editor : Fahmi Akbar

Cipayung Suguhkan Video Berbalas Pantun untuk HUT ke-22 Kota Depok

0

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Kecamatan Cipayung turut berpartisipasi memeriahkan ajang lomba berbalas pantun dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-22 Kota Depok dengan membuat video berdurasi empat menit lebih.

Plt Camat Cipayung, Hasan Nurdin mengatakan, bentuk partisipasi Kecamatan Cipayung dalam lomba berbalas pantun itu tidak terlepas dari mendukung perubahan Kota Depok sesuai visi dan misinya.

“Pembuatan video ini melalui beberapa proses. Yaitu pembuatan pantun pada Kamis (22/04) dan pengambilan video pada, Jumat (23/4),” katanya kepada Radar Depok.

Dalam video berdurasi kurang lebih empat menit itu, terlihat lima orang berseragam betawi berada di sebuah saung dengan saling melontarkan pantun di setiap pembicaraan.

“Saya bersama beberapa staf dan ASN saling berbalas pantun menggunakan konsep baju Depok mirip Betawi,” bebernya.

Dia optimis, hasil kreativitas dari aparatur Kecamatan Cipayung tersebut, bisa berbuah juara pada lomba berbalas pantun.

“Harus optimis. Tetapi semuanya ada di panitia yang menilai. Dengan HUT Kota Depok bertemakan Ayo Bangkit. Semoga bisa tercapai sesuai visi misinya,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya

 

Baznas Usulkan ASN Bayar Zakat dari 2,5 % Gaji

0

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengusulkan ASN, pegawai BUMN, anggota TNI/Polri membayarkan zakat 2,5 persen secara potong gaji. Hal itu pun disampaikan ke Presiden Joko Widodo dan meminta diterbitkan perpres.

Ketua Umum Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Zudan Arif Fakrulloh merespon hal tersebut dengan mengatakan, pemotongan gaji ASN 2,5 persen untuk zakat harus bersifat sukarela dan ada transparansi dalam pengelolaannya.

“Kami setuju (rencana) perpres itu dengan syarat. Satu, sifatnya sukarela. Kedua, ASN boleh mengusulkan penyalurannya ke mana. Ketiga, ada akuntabilitas pelaporannya,” kata Zudan.

Zudan mengatakan, selain itu harus mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan, sehingga tidak semuua ASN dipotong gajinya untuk berzakat lewat Baznas.

“Tidak semua ASN. Jadi, hanya ASN yang bersedia, karena bisa jadi ada golongan I atau golongan II yang untuk hidup saja kurang,” tegas pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri itu.

Selain itu, Baznas-selaku lembaga pengelola dana umat-harus transparan dalam mengelola zakat.

Baznas harus melaporkan nilai potongan dan peruntukan penyaluran zakat tersebut, kata Zudan.

“Baznas harus menjaga agar nanti penyaluran hasil zakat tidak disalahgunakan, misalnya diberikan kepada kelompok atau organisasi yang sudah dilarang oleh negara. Jadi harus betul-betul akuntabel penyalurannya, kepada orang-orang yang berhak menerima,” kata Prof Zudan, panggilan akrabnya.

Masukan Korpri terkait rencana pemotongan gaji ASN untuk zakat tersebut telah disampaikan Zudan ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Namun, belum ada pembicaraan mendalam terkait penyusunan draf peraturan presiden (perpres) soal itu. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

 

Dugaan Korupsi Damkar Depok : Kemendagri Lakukan Ini untuk Mencari Fakta

0

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Inspektorat Jendral (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tupak Haposan Simanjuntak mengatakan, terkait kelanjutan kasus dugaan korupsi Damkar Kota Depok, sampai dengan saat ini masih dalam tahap verifikasi dokumen dan verifikasi fakta lapangan.

“Saat ini tim kami masih dokumen dan verifikasi fakta lapangan,” tuturnya kepada Radar Depok, (23/4).

Lebih lanjut, Tumpak menjelaskan, pihak yang dilakukan verifikasi antara lain, produsen sarana prasarana Damkar Kota Depok, serta semua regu yang ikut atau terlibat dalam penyemprotan disinfektan.

“Untuk hari ini detailnya belum tau. Karena pemeriksaan seperti ini membutuhkan waktu dan harus bisa dipertanggungjawabkan oleh semua pihak,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya

 

imigrasi

Imigrasi Depok Geber Pelayanan Lewat Easy Passpor

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok terus berupaya bangkit setelah mendapat dampak dari pandemi covid 19. Upaya jemput bola dengan...
mudik

Antisipasi Mudik : Buat Tiga Titik Penyekatan, Lima Check Point

RADARDEPOK.COM, DEPOK - Jajaran Polres Metro Depok bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Depok akan melakukan penyekatan pada sejumpah titik, guna mengantisipasi kebijakan dilarang mudik. ...
PLN berbagi

PLN UIT JBB Beri Bantuan Buat Enam Masjid

RADARDEPOK.COM, DEPOK - PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Barat (JBB), melalui program PLN Peduli memberikan bantuan prasarana rumah ibadah di enam titik...

Bersama Wahid Foundation, Kelurahan Pengasinan Gelar FGD Rencana Aksi Kelurahan Damai Cegah Ekstremisme...

RADARDEPOK.C0M, DEPOK - Wahid Foundation (WF) konsisten menyebarkan nilai-nilai perdamaian. Salah satunya dengan melaksanakan diskusi terumpun atau focus grup discussion (FGD) Rencana Aksi Damai...
SMKN 2 Depok berbagi

SMKN 2 Depok Sebar 150 Takjil dan Nasi Boks

RADARDEPOK.COM, DEPOK - Di bulan Ramadan 1442 Hijriah ini, SMKN 2 Depok mengadakan kegiatan Rantang Cinta Siswa dan ASN, Jumat (23/04), Dimana, dalam kegiatan...
bendera beasiswa korea selatan

Ada Beasiswa di Korea Selatan untuk Program Art Major Asian, Berikut Prosedur Lengkapnya

RADARDEPOK.COM - Korea Selatan memang cukup populer pada saat ini. Untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi pun kuliah di Korea Selatan banyak diminati oleh...
PLN

PLN Raih Platinum di Ajang BISRA Award 2021

RADARDEPOK.COM – PLN menerima penghargaan Platinum Champion in Corporate Social Responsibility pada ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021. Penghargaan ini diberikan...
berbalas pantun cipayung

Cipayung Suguhkan Video Berbalas Pantun untuk HUT ke-22 Kota Depok

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG - Kecamatan Cipayung turut berpartisipasi memeriahkan ajang lomba berbalas pantun dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-22 Kota Depok dengan membuat video berdurasi...
bayar zakat ASN

Baznas Usulkan ASN Bayar Zakat dari 2,5 % Gaji

RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengusulkan ASN, pegawai BUMN, anggota TNI/Polri membayarkan zakat 2,5 persen secara potong gaji. Hal itu pun...
Irjen Kemendagri, Tupak Haposan Simanjuntak

Dugaan Korupsi Damkar Depok : Kemendagri Lakukan Ini untuk Mencari Fakta

RADARDEPOK.COM, DEPOK - Inspektorat Jendral (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tupak Haposan Simanjuntak mengatakan, terkait kelanjutan kasus dugaan korupsi Damkar Kota Depok, sampai dengan...